PDA

View Full Version : akuarium terlama yang pernah dimiliki?



unbrokenspirit
05-27-2010, 12:10 AM
cuma mau tau aja nih, kalo boleh tau bisa dishare disini dong pengalaman suhu2 disini ngelola akuarium (melihara ikan/taneman/udang2an) dsb.ceritain juga dong kenal aquascape darimana??...:ngiler:

ane dulu ya,,,pertama kali dari TK, itu tahun 95, punya akuarium 120x60x60, pake rangka alumunium, sampe sekarang masih ada. pompa pertama pun masih ada, yang motornya diatas, cuma udah ga jalan.

pas jaman dulu itu diisi sama tiger barb, n ikan2 lokal lainnya. dulu akuariumnya lucu, pake pasir yang diambil sendiri dari anyer, pernah juga itu tank dimasukin ubur2 n beberapa ikan hias laut yang dibeli dari pemancing lokal:cool: tapi ya mati, hahaha:p

sampe SD tahun 2002, itu ganti2 ikan, pernah neon tetra, cupang slayer half moon (tapi bokap iseng masukin lele beli dari pasar buat makan, ditaroh sementara, lenyap cupangnya), black ghost, pernah juga diisi louhan waktu bokap demen louhan, arwana juga pernah, tapi pas sekitar tahun 2003-2009 tu akuarium ga dipake, buat naroh2 barang bekas, tapi berhubung makin stress, akhirnya cari hobby baru jadi tuh akuarium kepake lagi, buat melihara kura2 item full(ga tau namanya)+ikan alligator, aneka palmas, lele2an,dll. pernah itu masuk2in ubin buat nongkrong kura2nya, pas pengen diangkat bokap malah jatoh ubinnya,,,and hancur lebur itu bawahnya, ngebelah 2 sisi bawahnya:p


berbagai macam cara habis, dari pake silicon, denger bunyi2 aneh dari kacanya juga, sempet dipake aquascape juga, cuma karena takut meledak akhirnya sekarang dilapis lagi pake kaca baru (susah ngebongkar rangkanya), dipake isi setengah, diisi ikan2 campuran, ada botia lokal 3, botia india 3, ramrezy 4, ikan mas 1, manfish banyak, bala shark 2,puntius cumiingi 5, platydoras biasa 1, spotted platydoras 1, green tiger loach 1`, dll,sili bangkok jg,ada masih banyak. pokoknya jadi tank gado2 kalo lagi latah beli ikan+naroh tumbuh2an daun lebar yang ga kepake di aquascape...

http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/hs521.ash1/30671_1460161472905_1499463284_1207915_7789976_n.j pg
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs561.snc3/30671_1460163832964_1499463284_1207920_6403012_n.j pg
kenal aquascape dari februari dari salah satu forum internet, ngamatin, coba2, beli2, amin semoga jadi...
sekarang lagi ngurus 80L aquascape,pake tank yang dibikin bokap pake bekas etalase jualan ,pake rangka alumunium, ga tau bakal jadi apa engga, , dengan budget mahasiswa yang terbatas, cuma sesekali duit lebih kalo menang proyekan buat ngurus aquascape, sementara ditanem rumput2 sama moss, n diisi guppy dulu kali ya, biar stabil...:)

sekian dongeng dari saya, aquascaper yang lainnya cerita juga dong, hehehe...

salam aquascape...:cool:

adrideh
05-27-2010, 12:16 AM
THANKS untuk Thread starternya... Ogut cendolin...

Jujur aquarium saya gak pernah lama. Dulu mulai dari aquarium Nisso 60 cm 2 biji bekas hamster, langsung mencoba aquascaping. Cuma bertahan 2 bulan lebih kurang, langsung sok-sokan bikin iwagumi.

Dari situ ga inget deh udah berapa kali rescape dan berapa kali gonta ganti aquarium sampe akhirnya sekarang ga punya tank yang bener-bener di-scaping :))

KhuLie
05-27-2010, 12:29 AM
kl g awalnya gara2 anak g pengen miara mas koki, bli d carefour 4 ekor padahal aquarium cuman ukuran 35cm (kemahalan pula belinya d carefour, bisa dpt 3 kl bli d sumenep) :(
tambah lg anak minta kura2, bli 3 pd doyan kabur2an dr aquarium ampe akhirnya tinggal 2
dr situ lupa gara2 apa akhirnya menginjakan kaki ke sumenep, baru liat yg namanya aquascaping, tertarik & aqua d rumah yah gak lama berubah d buat belajar2 aquascaping, koki2 sempet dihibahin, tambah aqua, tambah aqua lagi, dan bertambah trus ampe bini marah2 'kok rumah udah sempit dibikin sempit lg" hehehehe,
yah....sampe sekarang msh miara koki murah meriah 2 ekor, kura2 2 ekor, sisanya tank buat belajar2 aquascaping lagi :D

Mas Brai
05-27-2010, 12:29 AM
bagus artikelnya..cendol sent! :D

kalau umur aquarium yang paling lama..ada 2..masing-masing 100x50x50cm..
umurnya dah belasan tahun..
waktu itu masih belum sekolah, dikasih piaraan mas koki..ditaruhlah di tank 1m ini.
trus pindah rumah, dibongkar..
setelah pindah, om (adik dari ibu saya) ikutan beli tank yang sama..dipiaralah ikan hias yang murah-murah, berhubung bikin laut mahal, dicari ikan yang mirip di laut.. :))
setelah banjir beberapa kali, serta retak beberapa kali, akhirnya diterlantarkan..
jadilah 2 tank 100x50x50 di gudang.. hahaha

akhirnya tahun 2006, dikeluarin deh kedua tank tersebut, saya dan adri mulai iseng2...pertama adri miara ikan..setelah diracunin temennya aquascape, jadi dah gw ikutan..(sial juga emang.. :)) )
sempat pecah kaca bawahnya, akhirnya lepas-pasang kaca baru.

Sekarang menjadi tempat sumpel berbagai macam jenis Echinodorus.. :p

unbrokenspirit
05-27-2010, 12:40 AM
kl g awalnya gara2 anak g pengen miara mas koki, bli d carefour 4 ekor padahal aquarium cuman ukuran 35cm (kemahalan pula belinya d carefour, bisa dpt 3 kl bli d sumenep) :(
tambah lg anak minta kura2, bli 3 pd doyan kabur2an dr aquarium ampe akhirnya tinggal 2
dr situ lupa gara2 apa akhirnya menginjakan kaki ke sumenep, baru liat yg namanya aquascaping, tertarik & aqua d rumah yah gak lama berubah d buat belajar2 aquascaping, koki2 sempet dihibahin, tambah aqua, tambah aqua lagi, dan bertambah trus ampe bini marah2 'kok rumah udah sempit dibikin sempit lg" hehehehe,
yah....sampe sekarang msh miara koki murah meriah 2 ekor, kura2 2 ekor, sisanya tank buat belajar2 aquascaping lagi :D
hihi, kebalik sama ane ini dong, kalo yang ini ketularan dari anaknya:p
kayaknya bakal berubah jadi farm rumahnya nih:money:


bagus artikelnya..cendol sent! :D

kalau umur aquarium yang paling lama..ada 2..masing-masing 100x50x50cm..
umurnya dah belasan tahun..
waktu itu masih belum sekolah, dikasih piaraan mas koki..ditaruhlah di tank 1m ini.
trus pindah rumah, dibongkar..
setelah pindah, om (adik dari ibu saya) ikutan beli tank yang sama..dipiaralah ikan hias yang murah-murah, berhubung bikin laut mahal, dicari ikan yang mirip di laut.. :))
setelah banjir beberapa kali, serta retak beberapa kali, akhirnya diterlantarkan..
jadilah 2 tank 100x50x50 di gudang.. hahaha

akhirnya tahun 2006, dikeluarin deh kedua tank tersebut, saya dan adri mulai iseng2...pertama adri miara ikan..setelah diracunin temennya aquascape, jadi dah gw ikutan..(sial juga emang.. :)) )
sempat pecah kaca bawahnya, akhirnya lepas-pasang kaca baru.

Sekarang menjadi tempat sumpel berbagai macam jenis Echinodorus.. :p
makasih mas brai buat cendolnya...akhirnya akuariumnya bangkit dari kubur ya om, hehe, jadi lahan ternak juga...mantap ini:cool:


THANKS untuk Thread starternya... Ogut cendolin...

Jujur aquarium saya gak pernah lama. Dulu mulai dari aquarium Nisso 60 cm 2 biji bekas hamster, langsung mencoba aquascaping. Cuma bertahan 2 bulan lebih kurang, langsung sok-sokan bikin iwagumi.

Dari situ ga inget deh udah berapa kali rescape dan berapa kali gonta ganti aquarium sampe akhirnya sekarang ga punya tank yang bener-bener di-scaping :))
thanks om adri buat cendolnya... :)..ihihi, demam amano merajalela yak :p
walaupun ga punya scaping jadi juragan tanaman dong:money:

ini pasti kayaknya ada yang punya akuarium lebih dari 20 tahun, jaman dulu pake apa ya filtrasinya, ikannya pun ga sebanyak sekarang pasti....

nash
05-27-2010, 01:03 AM
THANKS untuk Thread starternya... Ogut cendolin...

Jujur aquarium saya gak pernah lama. Dulu mulai dari aquarium Nisso 60 cm 2 biji bekas hamster, langsung mencoba aquascaping. Cuma bertahan 2 bulan lebih kurang, langsung sok-sokan bikin iwagumi.

Dari situ ga inget deh udah berapa kali rescape dan berapa kali gonta ganti aquarium sampe akhirnya sekarang ga punya tank yang bener-bener di-scaping :))

aquarium terlama dulu aqua ukuran 50 30 30 3 mili, biasa di pake buat koki dari gw sd...
setelah gw kuliah aquariumnya di bw ke rumah kakek gw.. pas mau pindahin aqua nya eh kepentok kayu.. pecah deh...:(( :((

ikuzo
05-27-2010, 08:01 AM
anjrittt kaca 3 miliii....
punyaku akuarium koki 70x40x50
umur 15 tahun lebih, skrg dah bocor, jadi buat tanam emersed crypto

race_d
05-27-2010, 09:50 AM
gue dari kecil di rumah udah ada aquarium cuma bukan gue yg urus.
peliharanya dari ikan mas, koki, dll sampe aorwana.
akhirnya punya tempat tinggal sendiri dapat hibah aquarium bekas 120x50x50 cm, karena emang udah lama pengen aquascape sejak lihat di wisma asia aquascape gede banget, jatuh hati dah.

di forum tetangga sempat bikin jurnal nya. cerita suka duka nya sampai aquarium bekas nya bocor. tuker baru deh.
skrg barusan tambah aquarium 1 lagi di kantor jadi aquascape jg ukuran 88x40x45cm. udah jalan sekitar 4 bulan.
dan baru saja ambil aquarium bekas nisso 60cm. masih belum kepikir posisi yg pas hehe.

liungpohin
05-27-2010, 12:28 PM
Gue punya aquarium sejak kuliah thn 1998.
Ukuran 50x25x25 3mm
Nge kos di Jakarta iseng piara oscar namanya Kojek.
Kojek bener2 jadi teman hidup tuh dari segede jempol sampe guede buanget...... sampe sulit gerak di dalam aquarium tpi untung dia ngerti yg punya juga anak kos jadi ya kurang lebih dia juga dapet akuarium kos lah :).
Paling demen makan siomay dia, ama temen kos di kasih kerupuk, biscuit, mie lah. Tapi heran apa juga dia doyan, trus jinak lagi, sukanya di elus -elus. hehehhe
eh umur 2 tahunan dia pergi untuk selamanya sedih banget......:((

Setelah itu aquarium gonta ganti penghuni dari lohan sampe sekarang masih ada buat nempatin lobster. awet juga gue inget belinya 15 ribu di toko ikan kebayoran lama.

Jadi inget si Kojek....

jaymes2415
05-27-2010, 02:39 PM
Wah jadi malu cerita2 neh:o. Tank ku paling lama cuman 1,5 taun aja. Abis dulu nya paling malas kalo di suruh piara binatang tumbuhan dll sebagai bagai nya. TErinspirasi utk main aquascape pun karena pas browsing net, ketemu tuh hasil kontes aquascape thn 2008. Tank pertama: 40x25x30, pemberian pacar ku wkt itu ( di buatin ama bokap nya). :sstt:. Aq nya skr jd tempat penampungan tumbuhan sementara:

http://i606.photobucket.com/albums/tt149/jaymes2415/IMG00139-20100523-1647.jpg

Sebelah kiri nya adalah tank ke 2, yg ukuran nya sedikit lebi kecil


Awal thn 2010, br di usahakan tank yg besar, 100x50x50 yg ku pake sampe skr.......

SEkian dan terima kasih:thinking:

Arif Hamsa
05-28-2010, 05:44 PM
Tank sy waktu SD(sekolah dasar) masih ada. waktu itu piara Gupy & koki aja sih.
sekarang posisinya dah di lantai luar rumah..nampung rendaman kayu

HamsterEndut
02-16-2011, 11:27 AM
aqua terlama yg keluarga gw punya, aqua 3 meter punya bokap gw...dibikin taun 1989, waktu itu zamannya miara ikan South America cichlid spt Waru, simpilu, severum.....sampe sekarang cuma masih ada generasi severum...

terus pertama gw waktu Tk tahun 1990 punya tank 1 meter., terus diisi ikan koki yang tiap hari dikobok2 terus ampe mokad, miara ikan mas, sumatra.....:((:((:((.

terus waktu SD miara black ghost, guppy, tetra black widow...gw masih inget waktu beli ikannya harganya sekitar tahun 1995an

1 ribu dapet 4 ekor (sumatra,guppy,buenos aries, red eye tetra)
2 ribu 2 (niasa, cobalt cichlid, lemon) heheheh

SMP dan SMA sempet vakum miara soalnya lbh seneng main ama temen2 drpd ikan,,,

terus wkt kuliah baru coba miara ikan yg tingkatnya lbh advanced, miara botia import, African Cichlid, diskus.......terus tahun lalu baru aja coba aquascape dengan trial &error yg cukum mahal harganya......:D:D

Crazypajna
02-16-2011, 04:23 PM
Kalo boleh nimbrung. Ogut dl sd punya 60x30x40 pake pinggiran semacam besi ud berkarat sekarang. Yg dl masalah sering retak??? Karena gak ngerti panggil trs tk kaca. Tetep aja retak. 1 th kemudian ganti kolam da, bebas dr retak. Tapi ternyata ada yg bocor trs semenin lg ud sep gk bocor lagi. Alhasil platis pedang beranak. Skrg baru mulai lg kena racun master2 d sini kynya.

martin_hawk
02-16-2011, 04:42 PM
akuarium terlama ukuran 120x50x50 (dengan catatan beli pake duit sendiri - terpisah dari punya ortu) dibuat tahun 2004 hasil dari usaha sampingan... diisi ikan laut (sebelumnya belajar dari temen2 ortu yg hobinya sama dan beberapa narasumber filtrasi), jalan 4 tahun crash :-O gara2 mati listrik plus ditinggal kerjaan. nyoba aquascape ngasal (asal tuncep numbuh) - make silika dan pupuk dasar doang (lom kenal ama IAS), setelah 1 tahun pecah di lempar ponakan :rolleyes: - yg di avatar - (ditaruhnya deket kolem ikan). akhirnya skr cuman nyusun rencana klo urusan dah kelar dan dah settle bener2 di jakarta... sambil nunggu sampai teknologi LED benar2 matang...

toar
02-16-2011, 04:56 PM
Gw mah ada yang dah dari gw masih SD... lama banget isinya ikan mas koki doank.. kalo ngak salah 3 taon digudang terus gw isi lagi ama ikan mas koki.. sekarang dah digudang lagi dech.. lom pecah loh.. cuman dah jelek banget...:P

andhara
02-16-2011, 05:57 PM
Ini Aq terlama di rumah gue...sejak tahun 1976...ukuran 120x50x60cm, tebal 8mm...masih dipakai sampai dengan sekarang...cuma ditambahin hood diatasnya...di bor buat water flow...sudah pernah diisi ikan dari Ikan murah meriah s/d Arowana RTG...

http://i247.photobucket.com/albums/gg153/andhara/My%20Aqscaping/Aqscape1.jpg

hehehe
02-16-2011, 06:14 PM
aqua terlama gw dari taun 97an , waktu ntuh dibelikan bokap aqua ukuran 80 x 45 x 45 .. pertama2 gw miara ikan gurame .. :))

trus pernah di pake buat miara aneka jenis arwana , dari brazil ampe SR , serta lohan
sejak gw SMA , gw berenti maen ikan , pada mokad ikan ny, karna sibuk dgn dunia ABG :))

terjun lagi ke dunia ikan ya baru 6 bulan ini , karna gw baru lulus SMA, bingung kaga ada kerjaan , hingga terjun lagi ke dunia ikan ,, ahir nya miara discus , dan ahir nya liat aquarium di toko ikan , cuma pake pasir doank , dan gw suka bgt liat nya ,
cari2 info dah di internet tentang aquascape , dan ahir nya bertemu IAS .. dan gw keracunan ga ketolongan :))..
dan tank aquascape gw yg sekarang dan satu2 nya itu ya pake aqua gw yg pertama .. ( di itung2 umur nya hampir 14 tahun .. lumayan tua yah)

jimre
02-17-2011, 08:29 AM
Gw sih dulu waktu masih kelas 4 SD udah start dengan aquarium, kalo nga salah sekitar tahun 1989, ukurannya sih nga gede2 banget, sekitar 120cm, lebar dan tingginya gw nga merhatiin sih, waktu itu gw coba melihara ikan botia jambi, secara gw dulu masih tinggal di jambi,
Setelah gw hijrah ke jakarta tahun 1992, mulai lagi punya aquarium tahun 1997 dan cuma melihara ikan guppy yang anehnya mati melulu... :((
Pertengahan tahun 2009 gw mulai kenal Aquascape diforum K****S, coba untuk baca-baca maka pada Januari tahun 2010 gw mulai mencoba prakteknya di aqua 80x40x50, berikut penampakannya :
http://i51.tinypic.com/288k1x.jpg

untuk aquascape ini cuma bertahan 8 bulan saja setelah itu direscape total...

bdul
02-17-2011, 08:38 AM
ane punya aquarium terlama ukuran 60 x 30 x 30 ini dari ane masih TK di beliin ama kakak pertama udah pernah diisi dari cupang sampe lohan dan Alhamdulillah sampai dengan saat ini masih bisa dipakai walaupun kaca bawahnya udah retak :)
penampakan saat ini bisa dilihat di jurnal ane :)

thenu
02-17-2011, 10:59 AM
punya tank pertama sejak jaman lohan kira2 7 taun yg lalu ampe sekarang masi ok di pake aquascape

amjah
02-17-2011, 11:46 AM
kalo ogud pertama x punya aquarium TK . pertama x masih pake toples bekas nanas, di bersihin di cuci sendiri, niat bener ya padahal masih tk , soal nya tiap pulang sekolah dulu di mardiyuana serang suka ada jual ikan2 cere yang pake baskom item, liat punya liat jadi tertarik , dari beli 1, trus mati gara2 ga tau kasih makan apa kasih nasi aja, besok mati air nya butek coba2 tanya2 akhir nya minta bokap beli aqua kecil, ukuran 45 list stainless, uda dari situ piara ikan komet, louhan, koki, lobster, arwana ampe mokad 2 biji, blackgost, guppy, molly, tetra, dll sampe akhir nya liat di kaskus ada aquascape beh mantab, jadi pengen coba2 dan ketemu pula forum ini, jadi tambah semangat buat belajar

nubie aquascaper sukabumi
02-17-2011, 04:58 PM
dulu dikasih sodara aquarium 120x60x80 tebel 8 mili
bekas marine tank
terus cm buat piara arwana....
3 tahun lalu arwana w mati umur 9 tahun...
brarti sekarang dah 12 tahun...
dan masih arwana yg nemplok disitu....hehehehe

unbrokenspirit
02-17-2011, 07:41 PM
waduh2 jadi rame lagi tritnya, makasih ya man teman buat komen+share pengalamannya :cool: