PDA

View Full Version : [SHARE] suka duka hunting di sumenep



ocinamaoda
04-19-2012, 10:24 PM
hayo ada yang suka hunting di sumenep? :) mahal2 pastinya disana, ya kalo tau harga ya ga mungkin ketipu yah :p

mulai dari saya, mau beli petit, diiket di kayu padahal cuman dikit dikasi harga 250rb x-(

selempeng kecil flame moss 50rb dan masa cuba cuman selempeng 5x5cm 20rb :))

terus mau beli kura2 biasa harga 150rb harusnya dia jual 200ribuan gitu, nah itu belom tau harga dan ketipu :((:((

silahkan share pengalaman suka maupun duka hunting di sumenep disini :cool::cool:

ryancurly
04-19-2012, 10:28 PM
tapi gak semua sih pedagang di sumenep jualannya kaya mau naik haji besok,
ada juga yang jualannya ngikutin standar malah bisa dibawah harganya, mantep deh
yang penting tau harga kalo kesana kalo nggak jadi bulan2an para pedagang

ocinamaoda
04-19-2012, 10:44 PM
tapi gak semua sih pedagang di sumenep jualannya kaya mau naik haji besok,
ada juga yang jualannya ngikutin standar malah bisa dibawah harganya, mantep deh
yang penting tau harga kalo kesana kalo nggak jadi bulan2an para pedagang betul bro, sebelah mana yah yang bisa dibawah standar? yang di jalannya apa yang didaleman?

zee_pirate
04-19-2012, 11:00 PM
sumenep tuh sebelah mana sh?prasaan org jkt byk bener yg lari nyari bahan ksono..:confused:

ocinamaoda
04-19-2012, 11:08 PM
sumenep tuh sebelah mana sh?prasaan org jkt byk bener yg lari nyari bahan ksono..:confused:
bunderan HI tau kan? nah deket sono, gainget juga tempat persisnya, tanya aja orang deket2 sono hehehe :D

basslicious
04-19-2012, 11:14 PM
sumenep tuh sebelah mana sh?prasaan org jkt byk bener yg lari nyari bahan ksono..:confused: depannya ada taman, namanya taman lawang bro, ntah itu taman lawang yang buat mangkal atau bukan :p

eh iya bener variatif banget harganya, kudu rajin ngiter dan tahan malu buat nawar dan cabut kalo ga cocok

van26delmir
04-19-2012, 11:25 PM
hmmmm aq ga bs ikut curhat brow... maslahnya aq ga pernah shoping di sumenep http://www.cute-factor.com/images/smilies/onion/th_102_.gif

ryan16
04-19-2012, 11:35 PM
gw jarang blanja di sumenep...
paling cm cuci mata aja kalo kesono.. :))
cuci mata liat tanaman ya.. bukan liat2 tanaman di taman lawang nya.. :))

michizaki93
04-20-2012, 12:59 AM
ia nih banyak yg mahal2 kudu tau harga biar ga terlalu mahal
cm ya itu dia biasa yg bosen delivery pengen liat langsung biasa ke sono buat cuci mata doank

reza
04-20-2012, 07:15 AM
waktu gw pertama kali main aquascape.
abis di kibulin, ga hanya di sumenep saja..
yg kaga pernah ngibul cuma enoshima [ entah karena gw sudah tau harga pasaran atau memang jujur ]

ada beberapa modus yang gw temui..
mulai yg agak maksa.
sampe yang membuat kita membutuhkan apa yang dia jual,.
padahal dengan konsep yang kita inginkan dari awal itu sangat tidak masuk sama sekali..
kalo ngomong rugi sih sudah bnyak..
ya tapi ini lah hidup..
ini yang dinamakan "proses Pembelajaran dari Ilmu"

kalo bahan gw memang cari ke sumenep,
tapi kalo cari barang yang agak spesial gw cari di enoshima atau online shop di IAS..
karena biasanya di sumenep jual equip yg standar..

kalo mau beli pasir di sumenep ada toko khusus pasir,tokonya dari besi gitu tiang-tiangnya,,
kalo mau beli peralatan ada di sebelah mesjid, namanya jaka..kalo menghadap mesjid dia sebelah kiri [ jng banyak nawar,suka BT dia, karena harganya udah murah ]

semoga membantu

garys
04-20-2012, 08:10 AM
Pengalaman ane belanja di sumenap dikibulin abis waktu belanja tanaman. Waktu itu ane belanja anubias nana dan petit. Harga rp 25rb buat nana n 75rb buat petit yg ktany petit singapore. Katanya daunya bakal berubah kecil klo lama di tank. Setelah ane beli n dicemplungin ke tank baru sadar kalo habis dikibulin. Ternyata anubias nana sama petitnya sama persis daunny. beda cuma anubias petit abal2ny diiket ke media. Setelah ini sepertinya saya bakal kapok belanja di sumenep! Ngeri kali model pedagang begituan.

Sent from my GT-I9100 using Tapatalk

arvant
04-20-2012, 08:27 AM
gw jarang banget belanja di sumenep.. udah bt duluan denger harga dari pedagang, jadi males nawar

irone78
04-20-2012, 09:07 AM
sepertinya banyak yg punya pengalaman kurang bagus di sumenep.

ya begitulah kalo memulai hobi apa pun, pasti ada "ongkos belajar" nya

aquaplus
04-20-2012, 09:55 AM
Menurut saya, HOBBY itu priceless, gak bisa dihitung pakai uang, personal enjoyment/kepuasan batin:D

Kalau merasa belanja perlengkapan/peralatan/tumbuhan aquascaping merasa sono mahal-sini mahal, mungkin saatnya GANTI HOBBY :))

Pilihlah HOBBY yang sesuai dengan kantong anda :cool:

ikan_lucu
04-20-2012, 10:06 AM
Wajar bro klo penjual sumenep kadang kasih harga ngak sewajarnya, lokasinya di Jakarta Pusat & daerah perkantoran jadi makanan mereka biasanya orang dompet tebel yang bisa *dibegoin*.

Tapi sebagai pembeli baiknya emang membeli barang dengan harga sewajarnya oleh karena itu jgn sungkan nego, klo ga cocok tinggalin aja cari ditempat lain atau klo kebetulan udah kenal baik dengan beberapa penjual yang bisa kasih harga damai ya dijaga aja *relasinya*. Ada take and give lah dan itu ga harus berupa duit.

Intinya ga semua penjualnya kasih harga nendang kok.

Klo mau curhatan kyk gitu gw jg pernah beli barang 10.000 tapi di Klp gading cuma 3.000 (gw pikir wah gila ini yg jual, kagak bakal gw samperin lagi dah) di PIM bisa dapet free gw kecuali bla bla bla bla hahahahahahahaahahahahaha.

Machoman
04-20-2012, 10:13 AM
wajar dlm membeli ada penawaran, yaaa namanya jg konsumen. kgk nawar kgk puas rasanya..........
pintar" aja dlm memilih apa yg dibutuhkan sesuai kantong...,jgn maksa kalau tdk sesuai budget,
Yg ada ngebela belain jual HP/Laptop hanya utk Hal hobby....,Kalau sudah hobby apapun dikorbankan Whahhaha. Hati" dgn hal yg beginian.

yhoenx
04-20-2012, 10:43 AM
pernah ke sumenep diajakin sama temen , tapi hanya sekedar tengak - tengok saja sih.

soal kalo merasa dikadalin / diboongin tentang harga saya pikir sih udah jamak dan umum , serta tidak melulu di sumenep saja kok.

beberapa cara /trik yg selalu saya lakukan sebelum belanja sbb :
1. biasanya saya akan cari informasi terlebih dahulu mengenai barang yang akan saya cari (harga , porsi , kondisi idealnya, apa yg harus dihindari dll). kita bisa cari dari banyak sumber kok infonya, entah dari temen sendiri / forum / pedagang langganan kita.
2. saya selalu punya planning tentang barang apa yang hanya boleh saya beli saat belanja itu (jgn mudah tergoda deh ..... aquascape nih bagiku ratjoennya ganassssss) termasuk rencana cadangan jika items yg saya butuhkan tidak ditemukan.
3. tentukan skala prioritas primer dan sekundernya dlm belanja nanti (kecuali duitnya tinggal gunting sendiri aja sih ... hehehhee), kalo gak punya
prioritas bakalan bolong deh dompet ntar.
4. sikap / perilaku yang baik tidak menutup kemungkinan bisa membantu menurunkan harga (meski tidak selalu dpt murah). kadang penjual ada yg sudah bete duluan saat liat pembelinya datang dan ternyata tidak sopan / srudak sruduk.
5. yang paling penting jagalah selalu komunikasi / hubungan baik dgn penjualnya. (mungkin saat pertama beli dikasih mahal , next beli lagi krn
sudah merasa akrab dan cocok sangat bisa harga dinego lagi utk kita lho).

Jangan punya anggapan dan jangan selalu yakin jika saat kita beli barang #1 di toko A harganya sangat murah dibanding toko lainnya.
Lalu kita punya anggapan bahwa barang lainnya di toko A tsb pasti jauh lebih murah. belum tentulah .... bisa saja barang #1 murah tapi dia naikan lumayan di barang #2 (pengalaman pribadi aja sih).

dah ah ... kepanjangan nulisnya ntar pada bete semua yang baca.

CMIIW

ryan
04-20-2012, 12:09 PM
Intinya klo ke sumenep harus tau dulu kisaran harga yang mo dibeli, jgn bener2 *blank* bs dikadalin itu mah..
Trus beli juga ke pedagang yang emg ud kita kenal bngt, rekomen sih yang anggota IAS juga kaya mang Ari (AA Aquarium *klo ga salah) sama Ilham (Madman), kualitas n barangnya ud jaminan punya.

soetrowidjojo
04-20-2012, 12:33 PM
Kalo saya banyak suka nya ke sumenep, suka cari sesuatu / sekedar liat2 aja, sejak 12 thn yll atau lebih.

Belanja dimana aja yg penting jgn napsu & brani nawar. Saya sndiri tdk pandai menawar, tp biasanya pake jurus gertak aja....

Soal beli kemahalan, terutama fauna, sering banget..... tp ya karena fauna tsb lg susah.
Ditipu penjual yg kabur, beberapa kali...waktu msh ternak discus dulu..

Yg paling sebel kalo beli ikan/taneman, trus nitip dulu, trus jalan2 ke kios yg lain, pas sampai rmh, baru inget kalo ada barang ketinggalan.... Hadeeehh!!!!

yhoenx
04-20-2012, 02:38 PM
Kalo saya banyak suka nya ke sumenep, suka cari sesuatu / sekedar liat2 aja, sejak 12 thn yll atau lebih.

Belanja dimana aja yg penting jgn napsu & brani nawar. Saya sndiri tdk pandai menawar, tp biasanya pake jurus gertak aja....

Soal beli kemahalan, terutama fauna, sering banget..... tp ya karena fauna tsb lg susah.
Ditipu penjual yg kabur, beberapa kali...waktu msh ternak discus dulu..

Yg paling sebel kalo beli ikan/taneman, trus nitip dulu, trus jalan2 ke kios yg lain, pas sampai rmh, baru inget kalo ada barang ketinggalan.... Hadeeehh!!!!
yang aku bold itu kagak percaya deh .... boong
padahal itu salah satu triknya, bilang ama bini gini ntar ...

"eh mami , tadi pas ke sumenep dikasih sayuran ama fauna oleh kenalan di toko 20K, tapi papi lupa bawa nih.
besok mami tolong ingetin ya buat ambilnya .... sayang kalo sampe mati"
padahal tuh , biar bisa beli lagi deh dan kagak bakal diomelin bini ...... wakakkakakakkakakakka

yquem
04-20-2012, 04:49 PM
Sumenep, prime location..masih daerah Thamrin-Menteng sewa lapaknya mahal kali (disamain sama office sekitar situ yg USD 20++ per m2) :))

myudi
04-20-2012, 05:04 PM
yang aku bold itu kagak percaya deh .... boong
padahal itu salah satu triknya, bilang ama bini gini ntar ...

"eh mami , tadi pas ke sumenep dikasih sayuran ama fauna oleh kenalan di toko 20K, tapi papi lupa bawa nih.
besok mami tolong ingetin ya buat ambilnya .... sayang kalo sampe mati"
padahal tuh , biar bisa beli lagi deh dan kagak bakal diomelin bini ...... wakakkakakakkakakakka

hehe..kayaknya pengalaman pribadi juga nih koh yhoenx :)

ragn4rok
04-20-2012, 05:25 PM
kalau ke sumenep kadang jadi gak enak sendiri... tiba2 suka disapa sama teman.. "Hi Jeff... Hi Jeff.." ... gw cuman bisa bilang "Hiii halo juga.." tapi dalem hati mikir (namanya siapa ya? -_-!) maaf kalau gw suka lupaan sama nama teman-teman yaa... kalau liat muka sih inget... hehe... ^^

Tapi, kalau soal belanja di sana sih, so far, asik-asik aja... harga relatif bagus, tergantung kita butuh nya tanaman apaan. kadang enak bisa pesan dulu kalau tanaman yg rada jarang beredar.. lalu harus tutup telinga sama barang-barang yg kita gak butuh-butuh amat...

ocinamaoda
04-20-2012, 08:12 PM
Menurut saya kalo mau cari peralatan+pasir2an yg murah di jl. Makaliwe, deket grogol situ

ocinamaoda
04-20-2012, 08:14 PM
Intinya klo ke sumenep harus tau dulu kisaran harga yang mo dibeli, jgn bener2 *blank* bs dikadalin itu mah..
Trus beli juga ke pedagang yang emg ud kita kenal bngt, rekomen sih yang anggota IAS juga kaya mang Ari (AA Aquarium *klo ga salah) sama Ilham (Madman), kualitas n barangnya ud jaminan punya.

Tokonya yang sebelah mana yah bos?

sagitarius
04-20-2012, 08:24 PM
emang sih, pedagang sumenep pd buka harga tinggii2.. dr tnmn darat dibilang aer dll.. tp emang ga smuanya gt.. ada jg yg baek..heheh... jalan trakhir qta harus tawar semurah mungkin,,,,,

ikan_lucu
04-20-2012, 08:46 PM
Intinya klo ke sumenep harus tau dulu kisaran harga yang mo dibeli, jgn bener2 *blank* bs dikadalin itu mah..
Trus beli juga ke pedagang yang emg ud kita kenal bngt, rekomen sih yang anggota IAS juga kaya mang Ari (AA Aquarium *klo ga salah) sama Ilham (Madman), kualitas n barangnya ud jaminan punya.

Bro, artis sumenep jgn disebut2 nanti dia bersin2 mulu.. Lagian dia sibuk soting (pinjem gaya nulisnya si mas bro itu) mulu wkwkwkkwkwkw.
klo yg satu lagi gw kurang tau iya huehue ;D

Ini thread kok jd kyk buat ngerumpi ye, yuk mari kluarin kocokannya ;D peace peace (n_n )

soetrowidjojo
04-20-2012, 08:50 PM
yang aku bold itu kagak percaya deh .... boong
padahal itu salah satu triknya, bilang ama bini gini ntar ...

"eh mami , tadi pas ke sumenep dikasih sayuran ama fauna oleh kenalan di toko 20K, tapi papi lupa bawa nih.
besok mami tolong ingetin ya buat ambilnya .... sayang kalo sampe mati"
padahal tuh , biar bisa beli lagi deh dan kagak bakal diomelin bini ...... wakakkakakakkakakakka

Wakakakaaaaaaa.....
Iya emang....semua 20 rebu!! Wakakaka
Dulu pernah ketauan, pas jaman2 awal ikan palmas, beli sama kakak ipar, uk sekelingking harga 100k, ngaku 20k......
Pas kakak ipar ke rmh... Cerita2 dia....huaduuuuhhhh.... Wakakakaa

mluthfip
04-20-2012, 10:28 PM
wah, padahal besok pagi rencana mau ke sumenep, survey harga barang dulu deh, haha

dre84
04-21-2012, 12:46 AM
kalo gw.udah punya kenalan 2 org gw biasanya panggilnya aki karena doi org sunda sama satu lagi bapak2 gw panggilnya kang,,
asli asik bgt orgnya, kayu 30 cm tenggelam dikasih 10k,windelov 7rb..yg paling parah gw mau beli hair grass + tennelus malah disuruh ambil butuhnya ga pake bayar..yah paling modal ngeluarin duit ngopi buat bareng2 lah..hahaha

savio
04-21-2012, 09:03 AM
sekedar share pengalaman juga .. pertama2 gw ke sumenep , gw masih bermain di ikan2 laut ... utnuk harga awal2 pada kaya mau naik haji semua .. apalagi kalo hari sabtu ato minggu ... tp lamakelamaan , setelah sering kesitu n kenal juga , mereka biasanya kasih harga bagus koq ... n skrg2 gw sering ke sana untuk keperluan aquascaping gw .. ada beberapa pedagang yg memang menjual mos darat , tp dibilang air .. gw pernah jadi korban .. jadi kalo mau beli moss ato taneman air , yg pasti2 aja guys .. terutama , kalo bisa ambil yg ud di dalam tank yg sudah di set sama mereka.... untuk harga , tawar semurah2nya dl , n jangan cepet napsu .. liat2 n coba2 tanya harga di tmpt2 lainnya juga disana...

untuk peralatan , gw setuju sama bro ocinamaoda .. di jalan makaliwe grogol , lebih murah2 .. n vitamin2 dll juga ...

ocinamaoda
04-22-2012, 11:06 AM
kalo gw.udah punya kenalan 2 org gw biasanya panggilnya aki karena doi org sunda sama satu lagi bapak2 gw panggilnya kang,,
asli asik bgt orgnya, kayu 30 cm tenggelam dikasih 10k,windelov 7rb..yg paling parah gw mau beli hair grass + tennelus malah disuruh ambil butuhnya ga pake bayar..yah paling modal ngeluarin duit ngopi buat bareng2 lah..hahaha kayanya gua tau ini bro. gua dimahalin ama ni org :(

mluthfip
04-22-2012, 12:21 PM
kayanya gua tau ini bro. gua dimahalin ama ni org :(
berati subsidi silang bro :D

agung.hn
04-22-2012, 12:42 PM
kayanya gua tau ini bro. gua dimahalin ama ni org :(

sama bro gw beli kayu gunung 50rebu pnjng 35cm mana harus ambil tiga btg, klo satuan 75rb.
dasar msh nubitolol dksh moss darat seplastik 45rb gw beli aja.
diperjalanan pulang gw pikir dapet harga bagus.
sampe dirumahseminggu kemudian kayu semua berlendir dan moss modar semua. :))
itulah ilmu yg cukup mahal. :p


Menurut saya, HOBBY itu priceless, gak bisa dihitung pakai uang, personal enjoyment/kepuasan batin:D

Kalau merasa belanja perlengkapan/peralatan/tumbuhan aquascaping merasa sono mahal-sini mahal, mungkin saatnya GANTI HOBBY :))

Pilihlah HOBBY yang sesuai dengan kantong anda :cool:

mahal itu relatif mas bro.. tp ada harga ideal yg sudah tercipta
di pasar. kalo kita udah tau yg kita beli diatas harga pasar sih g masalah tp kalo pake tipu2 itu jelas gak bener lah..
gw tegasin disini mahal disini karena harga terlalu jauh diatas pasaran ato harga gak worthed sama kualitas barangnya.

satu lagi, gak ada barang hobby yg gak priceless bro.. semua ada nilainya.. yg priceless itu kepuasan menikmati proses hobby kita. cmiiw


send from tapatalk via nokia pisang

dre84
04-22-2012, 02:05 PM
kayanya gua tau ini bro. gua dimahalin ama ni org :(
krn sumenep pas searah klo balik gawe jd srg mampir buat liat2 + cuci mata..justru klo masuk ke toko hrganya lumayan nguras kantong menurut gw..
krn mereka cuma lapak kecil jadi bisa ksh murah ke gw yg udh kenal, kocaknya lagi ada bule mau belanja sayuran, tu aki2 kgx ngerti alhasil gw dah yg jd penerjemah dadakan..:p

ocinamaoda
04-22-2012, 03:43 PM
krn sumenep pas searah klo balik gawe jd srg mampir buat liat2 + cuci mata..justru klo masuk ke toko hrganya lumayan nguras kantong menurut gw..
krn mereka cuma lapak kecil jadi bisa ksh murah ke gw yg udh kenal, kocaknya lagi ada bule mau belanja sayuran, tu aki2 kgx ngerti alhasil gw dah yg jd penerjemah dadakan..:p beh gua malah dapet murah di dalem toko, yang lu beli yang dia biasa moss di plastik dijembreng diatas aer itu bukan? yang bapak2nya pake topi apa ntu namanya gatau hehehehe :D mungkin di mahalin gara2 tampang gua masi kaya anak kecil kali ya namanya juga masi smp...

andhara
04-22-2012, 05:30 PM
Ke Sumenep gue lebih suka hanya untuk beli Ikan atau Udang...beli peralatan lebih suka di Kartini atau Makaliwe...
Selain was-was belanja di Sumenep, juga harus hati-hati kalau mau nitip dagangan lo disana...bisa-bisa lo jadi mainan & duit lo baliknya lama banget...atau, mungkin aja malah nggak balik duitnya...kecuali pedagangnya langsung bayar tunai...

dre84
04-22-2012, 06:27 PM
beh gua malah dapet murah di dalem toko, yang lu beli yang dia biasa moss di plastik dijembreng diatas aer itu bukan? yang bapak2nya pake topi apa ntu namanya gatau hehehehe :D mungkin di mahalin gara2 tampang gua masi kaya anak kecil kali ya namanya juga masi smp...
klo gw ga prnah beli moss di sumenep bro,beli di bro doddyaw lbh worthed klo moss,krn pedagangnya sendiri blg moss yg dikirim ke sumenep rata2 setengah daun aer dan selalu melting..
btw, bukan yg pake topi bro,yg sebelahnya lg yg bpk2nya badannya kurus kering..

agung.hn
04-22-2012, 08:18 PM
klo gw ga prnah beli moss di sumenep bro,beli di bro doddyaw lbh worthed klo moss,krn pedagangnya sendiri blg moss yg dikirim ke sumenep rata2 setengah daun aer dan selalu melting..
btw, bukan yg pake topi bro,yg sebelahnya lg yg bpk2nya badannya kurus kering..

yg tanknya dijemur matahari bukan?
mossnya ada di plastikin ato di baskom??


send from tapatalk via nokia pisang

ikan_lucu
04-22-2012, 08:46 PM
yg tanknya dijemur matahari bukan?
mossnya ada di plastikin ato di baskom??


send from tapatalk via nokia pisang

Klo menurut gw sih dimasukin ke aquarium (setidaknya msh dalem plastik) klo moss udh diiket di kayu kan katanya beda tuh harganya, trus klo ada calon pembeli ditny "ini daun air atau msh 1/2 darat??" ya dijawabnya pasti udh "daun air". Tp kesulitan pembeli jg sih untk bedain moss 1/2 ama udh daun air jg sih --a klo gw pribadi sih dibilang daun air tp menurut gw bukan ya paling cm jawab iya iya aja abis itu cabut.

Begitulah suka-duka sumenep --b

scaperholic
04-22-2012, 09:19 PM
ane ternasuk sumenep er wajar sih bro klo mahal secara sewa kios mereka mahal tapi gak semua toko ngeboongin yang penting coba deketin penjualnya dulu klo udah kenal enak kok ga suka macem2 mereka.
sumenep tempat yang komplit tuk beli peralatn, sayur atau fauna. pengalaman ane
1, pernah ketipu waktu beli PS Bio, ane tau krn PS Bio yang biasa baunya luar biasa tapi ditoko (Klo Ngadep masjid persis sebelah kiri) ga bau sama sekali. Klo mau beli mending yg di rekomen Om Andara

tips
klo mau beli sayuran mending yang ga pake kios didepan2 bisa cincai harganya

Togi87
04-22-2012, 09:35 PM
@scaperholic : ps bio harus di jauhkan dari matahari. Bisa mati bakteri nya kena uv dll.
Makanya ps bio mestinya jgn di display di luar..

Kalo gw udh eneg beli ke sumenep,selain dulu sering di boongin, gw juga pernah jual trimingan peacock moss di salah satu kios,
dapet 6 cup..
moss gw di jelek2 in, dibilang kurus, kurang ijo, alga an lah.
Padahal kondisi super prima,.
Di tawarlah 15k/cup yg mana kalo gw jual di ias bisa 40k/cup..

Akhirnya, gw say goodbye to sumenep,

soetrowidjojo
04-22-2012, 10:32 PM
Gw baca ulang dr atas, sampai post ini, mayoritas duka doang yak.....wkwkwk

Suka kok minoritas....
Padahal kalo gw pedagang disana, gw pasti nawarin jg harga setinggi mungkin.
Kalo gw dibilang tipu2... gw akan bela diri, ga jg lah....ya namanya jg dagang di pasar tradisional....wakakakakakaaa

Jangan sharing cuman dukanya doang dong, lha suka nya ga di sharing....heheheheee

Padahal gw pernah baca trit di forum ini jg, ada yg mau beli mix max, trus penjualnya nanya, buat canister apa, sang pembeli jawab utk cy20, lalu penjual menyarankan ga usah beli mix max....apa penilaian temen2...?

Coba aja kalo ada yg pernah ke sentra ikan hias radin inten, jaktim, jamin pingin nyolot aja bawaan....wakakakakaaaaa

ikan_lucu
04-22-2012, 10:36 PM
Artinya pedagang disana sebagian besar harus benahi pelayanan ke konsumennya ;D hehehe. Gw sih udh ngak mau share suka-dukanya tapi emang udah jadi rahasia umum jg klo gitu --a

andhara
04-23-2012, 08:44 AM
@scaperholic : ps bio harus di jauhkan dari matahari. Bisa mati bakteri nya kena uv dll.
Makanya ps bio mestinya jgn di display di luar..

Kalo gw udh eneg beli ke sumenep,selain dulu sering di boongin, gw juga pernah jual trimingan peacock moss di salah satu kios,
dapet 6 cup..
moss gw di jelek2 in, dibilang kurus, kurang ijo, alga an lah.
Padahal kondisi super prima,.
Di tawarlah 15k/cup yg mana kalo gw jual di ias bisa 40k/cup..

Akhirnya, gw say goodbye to sumenep,

Ini kios yang disebelah mana Bos? Siapa tau pas sama kios yang gue liat...

Togi87
04-23-2012, 09:41 AM
@om andara : kios di depan sri amazon.
Yg sblh kiri nya mesjid..

eceng gondok
04-23-2012, 09:44 AM
Gw baca ulang dr atas, sampai post ini, mayoritas duka doang yak.....wkwkwk

Suka kok minoritas....
Padahal kalo gw pedagang disana, gw pasti nawarin jg harga setinggi mungkin.
Kalo gw dibilang tipu2... gw akan bela diri, ga jg lah....ya namanya jg dagang di pasar tradisional....wakakakakakaaa

Jangan sharing cuman dukanya doang dong, lha suka nya ga di sharing....heheheheee

Padahal gw pernah baca trit di forum ini jg, ada yg mau beli mix max, trus penjualnya nanya, buat canister apa, sang pembeli jawab utk cy20, lalu penjual menyarankan ga usah beli mix max....apa penilaian temen2...?

Coba aja kalo ada yg pernah ke sentra ikan hias radin inten, jaktim, jamin pingin nyolot aja bawaan....wakakakakaaaaa

bener juga nih om, di raden inten harga taneman jauh lebih mahal :))
Intinya ga semua pedagang tipu2 ko, kan pedagang liat tampang juga,
kalo tampang pas2an kaya w mah, dikasih harga mahal, malah w cengin yang dagang, ujung2nya santai aja tuh dkasih harga miring, harus pinter nawar aja :D
ane beli UGF di sumenenp dapet harga 35 rbu, nanya di jatinegara 70rbu, sama aja kan pedagang dimana aja pasang harga tinggi dulu, pinter2 aja lah:">

E.Ardyanto
04-23-2012, 09:44 AM
ikutan ya........
sukanya: suka dapat tanaman antik
tempat nongkrong waktu bujangan
tempat rekreasi anak,
tempat ngejual tanaman
suka dpt orderan akuarium
sampai skr masih suka jd tempat ngumpul
suka dikasih tanaman
masih banyak lg
duka : masih suka dijitak, tp jarang banget sih
1. pernah nitip crinum beli diamazon jaman dulu beli 150, jualnya 87.500 (dpt stok br dan lebih
murah) laku 2 bulan kemudian, lunas dan beres
2. pernah nitip anubias barteri kl gak salah 15 pot, 1 bulan kemudian laku, lunas, beres
3. nitip lg anubias bbrp jenis dan lumayan banyak, lupa ada brp macam, barang import dr tropica,
dan agk jarang dipasaran, totalnya 300san lebih, laku 1 bulan kemudian, laporan ada yg mati 2,
bayarnya mulai masalah, nyicil 50k, pas mau lebaran, mungkin lg mau pk duit jd tak suruh bayar
habis lebaran, sayangnya sampai sekarang.............
4.intinya sih bukan masalah duit, yg bikin gak habis pikir, untungnya berlipat ganda, gak ada
resiko, laku baru bayar, kok lobang pemasukannya ditutup ya....

Togi87
04-23-2012, 01:29 PM
..wah.. Makin seru curhatan nya.
Andai orang sumenep baca ini dan mulai introspeksi diri.

agung.hn
04-23-2012, 02:25 PM
..wah.. Makin seru curhatan nya.
Andai orang sumenep baca ini dan mulai introspeksi diri.

gw yakin yg bs internetan pasti pada mbaca Gi.. :D
kalo orangnya bener pasti santai aja,kalo orang yg suka nipu mudah2n pada insyaf jadi mereka g nutup lubang rejeki mereka sendiri.
cm emang sih yg harganya bener cm beberapa kios aja. yg lain penipu semua tuh. :p

ada sukanya juga sih saat ke kios si lae' beli ikan. gw inget sblmnya pernah juga ketipu dia beli udang chery bongsor dblng amano seekor 15ribu. :((
nah pas itu ada udang chery warna coklat dan hitam. mintanya 7ribuan seekor dan gw tau itu Rcs biasa cm jenis yg coklat kehitaman aja. gw tawar 10ribu dua ekor tp minta bonus cripto anakan semua yg ada ditank dia kurang lebih ada 20pohon. :))
karena dia tau gw pernah kesitu sebelumnya trus dikasihlah berikut "anakan cripto".
lumayn dah gw tau banget yg kata dia "anakan cripto" itu adalah cripto parva dan kayanya dia jg g tau. :))
hehehe.. sorry lae.. satu sama dong kita? :p



send from tapatalk via nokia pisang

ikan_lucu
04-23-2012, 02:35 PM
gw yakin yg bs internetan pasti pada mbaca Gi.. :D
kalo orangnya bener pasti santai aja,kalo orang yg suka nipu mudah2n pada insyaf jadi mereka g nutup lubang rejeki mereka sendiri.
cm emang sih yg harganya bener cm beberapa kios aja. yg lain penipu semua tuh. :p

ada sukanya juga sih saat ke kios si lae' beli ikan. gw inget sblmnya pernah juga ketipu dia beli udang chery bongsor dblng amano seekor 15ribu. :((
nah pas itu ada udang chery warna coklat dan hitam. mintanya 7ribuan seekor dan gw tau itu Rcs biasa cm jenis yg coklat kehitaman aja. gw tawar 10ribu dua ekor tp minta bonus cripto anakan semua yg ada ditank dia kurang lebih ada 20pohon. :))
karena dia tau gw pernah kesitu sebelumnya trus dikasihlah berikut "anakan cripto".
lumayn dah gw tau banget yg kata dia "anakan cripto" itu adalah cripto parva dan kayanya dia jg g tau. :))
hehehe.. sorry lae.. satu sama dong kita? :p



send from tapatalk via nokia pisang

Wah enaknya wkwkwkkw klo bisa gw jg mau, paling kesel emg klo dikadalin (gw jg korbannya bro). Dulu gw beli sae eh 1e ato 2e lupa gw tp ada yg flyingfox wkwkwkwkwkw. Skrng mah gw klo beli ikan2 kecil langsung aja lah masuk kedalemnya yg enak diajak ngobrol ama harganya masih waras.

andhara
04-23-2012, 06:09 PM
Kios Si Lae sejak masih dipegang sama Lae-1, dulu sampai sekarang dipegang sama Lae-2, masih ok lah menurut gue...kalau diberi angka dari 0 s/d 10, pelayanan & harga masih di angka 7-8...kualitas ikan & Udangnya masih OK...sayang stoknya cuma itu-itu doang...

ocinamaoda
04-23-2012, 07:14 PM
pada dapet moss daon darat ya? kok sama gua semua daon darat masuk aer biasa2 aja ya ga ada yg melting satupun? glosso darat ama cuba darat aja iseng masukin tank lowlight lampu 6 watt tinggi aqua 35cm kena bias matahari dikit kaga melting2 tuh :p

soetrowidjojo
04-23-2012, 07:52 PM
Kios Si Lae sejak masih dipegang sama Lae-1, dulu sampai sekarang dipegang sama Lae-2, masih ok lah menurut gue...kalau diberi angka dari 0 s/d 10, pelayanan & harga masih di angka 7-8...kualitas ikan & Udangnya masih OK...sayang stoknya cuma itu-itu doang...

wkwkwkwk...stuju om....
pake sedikit gertakan, dia naik point ke 8-9 kalo menurut saya...
gara2 dia, skrg saya punya otto bhuanyiak...ampe keabisan algae...wkwkwkwk

misroom
04-24-2012, 11:26 AM
wkwkwkwk...stuju om....
pake sedikit gertakan, dia naik point ke 8-9 kalo menurut saya...
gara2 dia, skrg saya punya otto bhuanyiak...ampe keabisan algae...wkwkwkwk
emang si lae kudu digertak.. n harus punya kisaran harga dulu.. tp sekalinya kasih murah dy blgnya sambil bisik2 :P takut ketauan ma yg laen.. hahaha.. tp kalo beli banyak gw pasti minta bonus :D
tp lumayan bisa diandalkan sih kalo lagi butuh otto n amano :D

soetrowidjojo
04-24-2012, 11:50 AM
emang si lae kudu digertak.. n harus punya kisaran harga dulu.. tp sekalinya kasih murah dy blgnya sambil bisik2 :P takut ketauan ma yg laen.. hahaha.. tp kalo beli banyak gw pasti minta bonus :D
tp lumayan bisa diandalkan sih kalo lagi butuh otto n amano :D

Yos...trakhir gw ambil otto, dia msh pake harga nego, gw bilang "lay, lu nyekik di harga... Gw cekik leher lu mau? Udah serok semua otto trus itung"
Si lay nyengir, lama banget tuh nyerokin otto...wkwkwkwk
Akhirnya gw dapet harga lbh murah dr lu yos....hahhaahaaaa

andhara
04-24-2012, 12:01 PM
Yos...trakhir gw ambil otto, dia msh pake harga nego, gw bilang "lay, lu nyekik di harga... Gw cekik leher lu mau? Udah serok semua otto trus itung"
Si lay nyengir, lama banget tuh nyerokin otto...wkwkwkwk
Akhirnya gw dapet harga lbh murah dr lu yos....hahhaahaaaa

Waktu Lae-1 cabut ke Batam, terus diganti sama Lae-2 yang sekarang ini, gue masih ingat dia masih nggak tahu mana yang namanya Ikan Otto, sampai akhirnya gue juga yang nyerok 7ekor Ottonya...hehehe...tapi itu dulu...dan kunjungan ke Sumenep tidak akan indah tanpa mampir ke Kiosnya si Lae-2 ini..."semoga koleksinya nambah terus ya Bang..."

deddy_wijaya2
04-24-2012, 12:22 PM
Buat saya jalan2 ke sumenep enak buat cuci mata seger2x soalnya baik liat tanaman maupun pengunjungnya:p
Soal ditipu sdh bbrp kali kejadian, beli amande @3000 ditoko ujung @1500, assasin snail ditoko ujung @25rb di toko tengah @12500:p, beli mesh toko ujung @25rb/m toko lain @7000/m ya saran saya mendingan jalan dr ujung ke ujung cek harga dulu baru mutusin drpada nyesel abis:p
Bisa ketawa2 sdr kalau liat para pedagangnya lagi nego ama bule atau expat harganya ckckck:p

arvant
04-24-2012, 03:36 PM
jadi intinya semua udah pada pernah dikadalin di sumenep ya :p

agung.hn
04-24-2012, 03:52 PM
Yos...trakhir gw ambil otto, dia msh pake harga nego, gw bilang "lay, lu nyekik di harga... Gw cekik leher lu mau? Udah serok semua otto trus itung"
Si lay nyengir, lama banget tuh nyerokin otto...wkwkwkwk
Akhirnya gw dapet harga lbh murah dr lu yos....hahhaahaaaa

wuakakakakaa... parahan elu dong brarti tuh..
@andhara: emang kalo gw ke sumenep juga g afdol kalo blm ke lae' dan cm sm dia yg wajib dikunjungin tuh.. :p
harga ikan2nya emang rada error tp kalo udah kenal mah asyik banget, belanja dikit bonus banyak nyerok sendiri pula..:))
kalo udah nyebut kata "IAS" ya udah pasrah aja dia.. yg penting barang dagangan dia laku dah.. qiqiqiqiqi



send from tapatalk via nokia pisang

scaperholic
04-24-2012, 03:59 PM
TOKO lae sebelah mana bro....kasih tau dong, patokannya apa kali aja ada yang bisa diserok lagi.....................................

ediway
04-24-2012, 04:22 PM
hehe pada 'dikibulin' yak ? anggap aja itung2 ongkos belajar mas/mbak bro.
Mungkin juga begini ...aselinya kadang yg jual ama yg beli sama2 ga tau. mereka (sipenjual) cuma modal lapak doang, sering yg ngajarin si 'penjual awal-pemasok', malah kadang2 pembelinya, mulai dari nama, jenis s/d harga barang dagangan ntu, si penjual merem tanpa cari tau bener apa gak tuh informasi yg diajarin.
trus..swaktu ditanya ma pembeli, sipenjual cuma nerusin omongan si 'penjual awal-pemasok' , kalo jawaban/keteranganya bener alhamdulillah, tapi sering bgt jawabanya jga salah, nahh klo iya sprti itu artinya kesalahan yg dibuat penjual ga melulu disengaja si penjual awal, 'penjual akhir-pemasok' kali juga punya kontribusinya. (hanyateoriyangmustidiujikebenaranyah) :)

soetrowidjojo
04-24-2012, 04:31 PM
TOKO lae sebelah mana bro....kasih tau dong, patokannya apa kali aja ada yang bisa diserok lagi.....................................

kalo nunjukin disini takutnya gimana2 bro, nanya aja ke tukang parkir atau kios lain, ntar jg dikasih unjuk ama mereka..hehehee
kmaren masih saya sisain 3e otto tuh... abis gw borong......wkwkwkwk

steva
04-24-2012, 05:53 PM
kalo nunjukin disini takutnya gimana2 bro, nanya aja ke tukang parkir atau kios lain, ntar jg dikasih unjuk ama mereka..hehehee
kmaren masih saya sisain 3e otto tuh... abis gw borong......wkwkwkwk

wahhh pantesan tadi g ksna cuma sisa 1 oto nya.....hahahhahahha

andhara
04-24-2012, 06:06 PM
2 hari yang lalu gue mampir ke Sumenep, sempat liat 2 orang Pembeli lagi nawar tanaman air yang menurut gue nggak segitu lah harga wajarnya...yang dibeli adalah rumput Peking...waktu gue lihat & pegang, ternyata Riccia Fluitans...harganya sudah tidak wajar, sudah itu namanya disebut yang aneh2x...kenapa nggak dibilang Pohon Kelapa varigated Bogoriensis sekalian ya...

Ye.be
04-24-2012, 06:54 PM
ikutan share, ke sumenep tidak tau harga pasaran sama aja buang2 duit, kecuali udah kebanyakan duit :p
kl ane pake patokan harga di IAS, malah bisa lebih murah kl bisa nawar :D

ocinamaoda
04-24-2012, 07:55 PM
Buat saya jalan2 ke sumenep enak buat cuci mata seger2x soalnya baik liat tanaman maupun pengunjungnya:p
Soal ditipu sdh bbrp kali kejadian, beli amande @3000 ditoko ujung @1500, assasin snail ditoko ujung @25rb di toko tengah @12500:p, beli mesh toko ujung @25rb/m toko lain @7000/m ya saran saya mendingan jalan dr ujung ke ujung cek harga dulu baru mutusin drpada nyesel abis:p
Bisa ketawa2 sdr kalau liat para pedagangnya lagi nego ama bule atau expat harganya ckckck:p wah asik ni, saya beli mesh dikasi 30rb :( assassin 35rb :( tipu aja mulu pedagang sumenep mentang2 masi kecil. pernah temen saya kesana dia pake baju ala preman gitu dikasi murah banget kesel sumpeh x-(

Togi87
04-24-2012, 08:08 PM
kalo ke sumenep pake kaos ias aja. Supaya mereka tau kita anggota ias yg udah tau harga..
Mereka pasti gak bakal ngetok harga...
( ias sbnrnya di benci sama pedagang sumenep gara2 suka jual harga di bawah harga sumenep :D)

misroom
04-24-2012, 09:00 PM
Yos...trakhir gw ambil otto, dia msh pake harga nego, gw bilang "lay, lu nyekik di harga... Gw cekik leher lu mau? Udah serok semua otto trus itung"
Si lay nyengir, lama banget tuh nyerokin otto...wkwkwkwk
Akhirnya gw dapet harga lbh murah dr lu yos....hahhaahaaaa
iyalah bro, ngerian eloe n gedean loe badannya wkwkwkwkw...

ocinamaoda
04-25-2012, 09:24 PM
kalo ke sumenep pake kaos ias aja. Supaya mereka tau kita anggota ias yg udah tau harga..
Mereka pasti gak bakal ngetok harga...
( ias sbnrnya di benci sama pedagang sumenep gara2 suka jual harga di bawah harga sumenep :D) baju iasnya belom dateng nih hahahaha

roe
04-25-2012, 09:46 PM
wah, intinya sebelom belanja, tanya2 dulu sama temen ato sodara, ato sapa aja yg tau harga standarnya. Klo udah tau kn enak, nawarnya bisa pas...
Apalagi klo sudah kenal sama pdganngnya *kaya ane langganan di gunungsari surabaya, malah bisa akrab, beli kagak tapi malah nongkrong berdua sama bapak yg jual hahahaha

michaelyaw
04-26-2012, 03:30 AM
gak smua bgtu broo... intinya cek cek dlu harganya

Treefolk
04-26-2012, 08:09 AM
kalo nunjukin disini takutnya gimana2 bro, nanya aja ke tukang parkir atau kios lain, ntar jg dikasih unjuk ama mereka..hehehee
kmaren masih saya sisain 3e otto tuh... abis gw borong......wkwkwkwk

bro ane jg kepo d ttg toko lae ini... PM in aja gan ahahaha....

master2 ikutan sharing ya....
pengalaman pertama ane kesini tu da bbrp thn lalu...
trus br 1 bln lalu lah kesana lg gara2 kena racun udang di forum tetangga & IAS :">
ane meluncur lah kesana, hunting2 dr ujung ke ujung nanya2 red cherry... untungnya yg ane bc2 harga normalnya 1k/ek...
nah ane kesana bli cherry 30rb dpt 35 ek yg gendong telor byk jg, bli mesin j*bo 501 50rb(trus liat di makaliwe cm 43rb blum nawar...<- selisihnya = ongkos belajar), SAE 20rb 4ek ditoko ujung klo ngga salah ciledug aquarium...
moss bahan 20rb campur2 tu ngga tau jenis apa aja maklum di toko tengah yg mas2nya bawel newbie....:p
trus pengalaman yg paling2 meneganggkan ternyata ane lupa nyabut kunci mobil.... pdhal ane kira ada yg nyopet tu kunci....x-(
pdhal ane da 3 jam disana muter2 untungnya tu kunci mobil msh nyantol di mobil... ngga ada yg nyolong tu mbl untungnya...
bisa2 belanja 120rb tp rugi ratusan juta... ahahahaha... sumpeh dah itu bnr2 menegangkan...

tapi dr pengalaman ane yg baru sedikit bgt ni y (ud pernah ke makaliwe,jatinegara,cengkareng,sumenep,kelapa gading baru sekali aja c kesemua tmp itu jd mgkn aja pas ane kesana & sekarang mgkn item2nya beda)...

klo mnrt ane bnr tu kt master2 sebelumnya klo alat2 & aqua yg bermerk yg paling ok tu di makaliwe, ikannya yg standart ada nyari yg anh2 aja ngga ada...
cengkareng ikannya byk, ikan kecil2, koi, koki.. alat ada c yg standard..
jatinegara y gt lah seperti yg semua org tw... standar, ngga byk pilihan...
kelapa gading bbrp tk aja yg msh ok selainnya krg lengkap...
sumenep y ngga sejelk yg semua org duga lah... klo kesana mesti bw referensi harga lah biar ngga terlalu bikin sakit hati... istilahnya klo perang bw senjata dl ahahaha....:))

andhara
04-26-2012, 08:51 AM
baju iasnya belom dateng nih hahahaha

Pakai baju DoraEmon aja...cuma beda tipis...

soetrowidjojo
04-26-2012, 08:55 AM
baju iasnya belom dateng nih hahahaha

Atau pake stelan safari aja.....
Atau pake stelan jas....
Pasti hot...

arvant
04-26-2012, 05:49 PM
sayang banget ya.. padahal kalo semua pedagang disana itu fair ama harga dan kualitas, gw yakin sumenep akan jauh lebih rame dari pada sekarang

agung.hn
04-26-2012, 07:38 PM
sayang banget ya.. padahal kalo semua pedagang disana itu fair ama harga dan kualitas, gw yakin sumenep akan jauh lebih rame dari pada sekarang

Setuju Vant..
knapa g lu infoin ato komunikasikan ke mereka semua kan lu tiap ari ngantor liwat situ kan?? :p


send from iTapatalk

michaelyaw
04-27-2012, 01:33 AM
iahh ni baju kmna ya??? ahahahahah

soetrowidjojo
04-27-2012, 10:12 AM
sayang banget ya.. padahal kalo semua pedagang disana itu fair ama harga dan kualitas, gw yakin sumenep akan jauh lebih rame dari pada sekarang

Sorry bro, menurut nubi aja neh...
Kalo ngomongin kwalitas yg fair, standarisasinya jelas...

Tapi kalo ngomong harga yg fair, keknya terlalu subyektif (ngebela pedagang sumenep, meski benci tp rindu ama mereka).
Lha acuan fairnya gimana? Kalo mereka mengacu ke ADA, yg standar harga sdh go internasional, apa kita2 ga tambah megap2..?? Wkwkwkwk

rfl
04-27-2012, 01:13 PM
saya pertama kali tau aquascape justru taunya dr sumenep duluan..trus iseng2 cari di internet ketemu deh IAS..cukup berjasa jg tu abang2 di sumenep meracuni saya,,haha,,

ocinamaoda
04-27-2012, 03:45 PM
Atau pake stelan safari aja.....
Atau pake stelan jas....
Pasti hot...
wahaha ini lagi

Pakai baju DoraEmon aja...cuma beda tipis...
wahaha maksudnya gimana nih :D

katanya pake baju preman tuh paling efektif, temen gue ada yg saking isengnya gapake baju padahal tajir setengah idup ya dikasi murah banget wakakkaka

andhara
04-27-2012, 06:11 PM
saya pertama kali tau aquascape justru taunya dr sumenep duluan..trus iseng2 cari di internet ketemu deh IAS..cukup berjasa jg tu abang2 di sumenep meracuni saya,,haha,,

Maksud lo sangat berjasa menguras isi kantong ya?

wawanh
05-31-2012, 01:32 PM
Saran saya, sering-sering dulu main kesana ( gak usah beli dulu), nanti lama-kelamaan pedagang disana sering liat kita, dijamin mereka gak mainin harga deh.......

ocinamaoda
06-02-2012, 09:24 PM
Saran saya, sering-sering dulu main kesana ( gak usah beli dulu), nanti lama-kelamaan pedagang disana sering liat kita, dijamin mereka gak mainin harga deh.......
dah sering bgt kesana bro, tetep aja digetok

Michael
06-05-2012, 09:05 PM
sharing pengalaman nih ya..

gw barusan dari sumenep :D dan pertamakalinya..

disana sih termasuk lengkap lah, untuk harga gw rasa relatif ya.. memang mahal, tapi menurut gw mahal murah itu relatif lah.. ada yang bilang mahal itu karena salah beli :D..

td kesana gw nemenin temen gw yang mau beli otto, niadnya sih cuma nemenin ajah.. eh gw keracunan ngeliat pleco :D

akhir2nya temen gw gag dapet otto, eh malah gw keracunan beli pleco wkwkwk...

tadi kesana worth sih, gw beli pleco yang harganya setengah dari harga kalo mesen :D dan langka...

harus pinter nawar juga intinya

ocinamaoda
06-11-2012, 03:09 PM
wakakaka abis dari sumenep, pake baju ias kali ini, beh ga ada yang berani getok harga:))

ragn4rok
06-11-2012, 03:51 PM
nah... pake baju ias deh.. beres.... kalau demen belanja sana sini, toko offline khususnya, seringkali special price... ^^

ocinamaoda
06-12-2012, 10:16 AM
nah... pake baju ias deh.. beres.... kalau demen belanja sana sini, toko offline khususnya, seringkali special price... ^^

Amano shrimp aja sempet sampe 7ribuan doang wakaka

alam_aquarium
06-12-2012, 10:49 AM
nah... pake baju ias deh.. beres.... kalau demen belanja sana sini, toko offline khususnya, seringkali special price... ^^

jef,besok gw coba kalau pas kebandung ...wkwkwkw:D:D

widyadewa
06-12-2012, 11:19 AM
wakakaka abis dari sumenep, pake baju ias kali ini, beh ga ada yang berani getok harga:))

wah,asyik banget tu,jadi bajunya berguna semacam kartu diskon gitu ya :D

zagoanku
06-12-2012, 01:53 PM
^^Makanya....
Ga percuma beli kaos IAS...
Selain dipakenya nyaman...
Trus jg pedagang,mikir2 dl klo ngasih harga...
Biasanya bertanya,"BIASA BELI BERAPA???" :D

ragn4rok
06-13-2012, 03:51 PM
jef,besok gw coba kalau pas kebandung ...wkwkwkw:D:D
buat lu mah jadi 5x lipet aja... hummmppphhhh -_-!

immanuel88
08-15-2012, 02:29 AM
mau nyari riccia sama hairgrass disumenep nih
pasarahnya skrng brp ya?
supaya engga ketipu nubie

aquamine
08-16-2012, 02:05 PM
Kl mo belanja sumeneb, harus bisa nawar gaya preman hahahaha, kaya nawar mau naek bajaj jaman dlu, langsung nawar stengah harga dulu...kadang" harga nya masih bisa dibawah nya lagi, tenang aja kaga akan digebukin kok, namanya juga nawar hehehe
dari dlu cari itu paling ampuh dpt harga murah.

ocinamaoda
08-16-2012, 02:30 PM
mau nyari riccia sama hairgrass disumenep nih
pasarahnya skrng brp ya?
supaya engga ketipu nubie
jangan tanya harga disini, liat2 aja sono di bursa. kalo ga beli di bursa pasti lebi murah

Joe
08-16-2012, 03:45 PM
gw lagi nyari tabung,regulator,dan batu2an.gw nanya ke salah satu member di forum ini,dia sarankan katanya "coba ke sumenep di toko pak ***** (salah satu sponsor IAS).sampai sumenep,gw mampir ke teman gw yg jualan tools aquarium.berhubung teman gw itu gak jual barang2 yg gw cari,gw nanya ke dia "kalo tokonya pak *****(salah satu sponsor IAS) dmna ya? teman gw jawab " tuh depan bapak yg pake kaos merah,masuk aja ke kiri".sampai di depan toko itu,gw liat ada kyk poster bertuliskan "salah satu sponsor di forum ini, gw nanya " ada regulator gak?
jwb yg jual " ada,tuh liat aja"
gw nanya " batu lava ada gak?
yg jual : DIAM aja
gw nanya " batu yg di depan brapa ya /kg?
yg jual : DIAM aja
Gw nanya lagi " kalo regulator ini sama tabung yg ini (sambil gw tunjukin tabungnya) brapa ya?
yg jual : DIAM aja malah sambil nyapu daun2 di depan tokonya....
krn kesel,bete gak di hargai,gw langsung keluar,lewatin yg jualan yg lagi nyapu,
oya sebelum gw keluar gw nanya yg terakhir " ini toko salah satu sponsor di forum IAS ya?"

jawab penjualnya " BUKAN"

gw jadi bingung,bukan sponsor kok nama tokonya ada di atas Forum ini ya?
yg bikin bete lagi gaya penjualnya,kayaknya gw sebagai pembeli kok gak di hargai,apa krn gw cuma pake celana pendek dan sandal jepit ya makanya di cuekin?:p
whateverlah...cuma kalo gak mau di tanya2in jangan jualan....!!!!!:tabok:

ocinamaoda
08-19-2012, 06:12 PM
gw lagi nyari tabung,regulator,dan batu2an.gw nanya ke salah satu member di forum ini,dia sarankan katanya "coba ke sumenep di toko pak ***** (salah satu sponsor IAS).sampai sumenep,gw mampir ke teman gw yg jualan tools aquarium.berhubung teman gw itu gak jual barang2 yg gw cari,gw nanya ke dia "kalo tokonya pak *****(salah satu sponsor IAS) dmna ya? teman gw jawab " tuh depan bapak yg pake kaos merah,masuk aja ke kiri".sampai di depan toko itu,gw liat ada kyk poster bertuliskan "salah satu sponsor di forum ini, gw nanya " ada regulator gak?
jwb yg jual " ada,tuh liat aja"
gw nanya " batu lava ada gak?
yg jual : DIAM aja
gw nanya " batu yg di depan brapa ya /kg?
yg jual : DIAM aja
Gw nanya lagi " kalo regulator ini sama tabung yg ini (sambil gw tunjukin tabungnya) brapa ya?
yg jual : DIAM aja malah sambil nyapu daun2 di depan tokonya....
krn kesel,bete gak di hargai,gw langsung keluar,lewatin yg jualan yg lagi nyapu,
oya sebelum gw keluar gw nanya yg terakhir " ini toko salah satu sponsor di forum IAS ya?"

jawab penjualnya " BUKAN"

gw jadi bingung,bukan sponsor kok nama tokonya ada di atas Forum ini ya?
yg bikin bete lagi gaya penjualnya,kayaknya gw sebagai pembeli kok gak di hargai,apa krn gw cuma pake celana pendek dan sandal jepit ya makanya di cuekin?:p
whateverlah...cuma kalo gak mau di tanya2in jangan jualan....!!!!!:tabok:

Setubuh bro, kayanya gua tau yg ini. Yang sibuk main hp terus kah? Emang ini parah belagunya

Joe
08-20-2012, 04:20 PM
Setubuh bro, kayanya gua tau yg ini. Yang sibuk main hp terus kah? Emang ini parah belagunya

betul bro...yg badannya agak2 bulet gitu loh....
http://forum.indoaquascape.com//images/smilies/smileyvault.com/lidah.gif

ocinamaoda
08-20-2012, 09:09 PM
betul bro...yg badannya agak2 bulet gitu loh....
http://forum.indoaquascape.com//images/smilies/smileyvault.com/lidah.gif
setubuh bro, gua juga tanya dia sponsornya ias yah.. dia blg bukan haha terus sibuk maenan bb

vegeboy
08-20-2012, 11:25 PM
setubuh bro, gua juga tanya dia sponsornya ias yah.. dia blg bukan haha terus sibuk maenan bb
mungkin yang jualan lagi sibuk kali bro, dia lagi sibuk transaksi online ada yang order batu 3 kontainer kali:p

Joe
08-21-2012, 12:19 AM
setubuh bro, gua juga tanya dia sponsornya ias yah.. dia blg bukan haha terus sibuk maenan bb

aseeeeek...kirain cuma Eike aja yg di cuekin ama dia.....ternyata oh...ternyata.....:))

newborn
08-21-2012, 11:44 AM
ikut nimbrung jg. Tapi dari semua tempat jualan di jakarta. paling enak buat cuci mata itu di sumenep. kadang kalo lagi suntuk hari minggu, cuci mata nya ke Sumenep dah. kalo soal harga um emang sih rada mahal dibanding temen2 yang jualan juga, tapi kadang2 suka butuh cepet jadi mau ga mau deh lsg belanja di Sumenep. Soal toko yang salah satu sponsor IAS yang disebut2 di atas, emang tuh karyawan nya tuh keknya, parah bener masa jualan 1/2 hati gitu. parah bener dah

immanuel88
08-22-2012, 07:14 PM
klo mau nyari hang on filter luckyness di sumenep dmn ya yg recommended?

ocinamaoda
08-22-2012, 10:51 PM
itumah yang punya bro bukan karyawannya hahaha

@immanuel jgn tanya harga2 dll disini bro, kalo gua bilang gak ada yg recommended kalo mau yang recommended ke makaliwe noh

mixone19
08-23-2012, 08:05 AM
gw lagi nyari tabung,regulator,dan batu2an.gw nanya ke salah satu member di forum ini,dia sarankan katanya "coba ke sumenep di toko pak ***** (salah satu sponsor IAS).sampai sumenep,gw mampir ke teman gw yg jualan tools aquarium.berhubung teman gw itu gak jual barang2 yg gw cari,gw nanya ke dia "kalo tokonya pak *****(salah satu sponsor IAS) dmna ya? teman gw jawab " tuh depan bapak yg pake kaos merah,masuk aja ke kiri".sampai di depan toko itu,gw liat ada kyk poster bertuliskan "salah satu sponsor di forum ini, gw nanya " ada regulator gak?
jwb yg jual " ada,tuh liat aja"
gw nanya " batu lava ada gak?
yg jual : DIAM aja
gw nanya " batu yg di depan brapa ya /kg?
yg jual : DIAM aja
Gw nanya lagi " kalo regulator ini sama tabung yg ini (sambil gw tunjukin tabungnya) brapa ya?
yg jual : DIAM aja malah sambil nyapu daun2 di depan tokonya....
krn kesel,bete gak di hargai,gw langsung keluar,lewatin yg jualan yg lagi nyapu,
oya sebelum gw keluar gw nanya yg terakhir " ini toko salah satu sponsor di forum IAS ya?"

jawab penjualnya " BUKAN"

gw jadi bingung,bukan sponsor kok nama tokonya ada di atas Forum ini ya?
yg bikin bete lagi gaya penjualnya,kayaknya gw sebagai pembeli kok gak di hargai,apa krn gw cuma pake celana pendek dan sandal jepit ya makanya di cuekin?:p
whateverlah...cuma kalo gak mau di tanya2in jangan jualan....!!!!!:tabok:

selesai juga baca dari page1-sampe sini.. :">
mau coba ikut2 postingan pengalaman ahh

kayanya gw juga ngeh deh.. ini dia yang jual peralatannya rada lengkap di bagian toko2 do dalem gt ya?
di lain pihak dia jual udang red cherry paling murah bro.. waktu itu di unjukin sama si bro Reza Cakung.

terus toko yang di tengah2 tuh yang penjualnya bawel banget emg itu dia kalo ngmg se enak cablak nya dia aja. tanaman udah mau mati di blg seger. mini pelia dia kasih gw selempeng 40. waktu awal2. beli pasir malang minta yang alus di kasih yang kasar waktu di karung.. buset deh ini orang asal laku aja barangnya.. cuma ya kalo untuk nongkrong sih enak2 aja ni orang.. kaya story teller. asik lah.


klo mau nyari hang on filter luckyness di sumenep dmn ya yg recommended?..
pengalaman ane ya beli luckyness 45ribu. soalnya dapet referensi luckynes yang paling kecil di gading dulu 60rb. pas nawar2 dapet 45ribu di sumenep langsung aja beli.
penjualnya toko pertama sebalah kanan masjid.
cuma yah harus pake seni transaksi di pasar yah.. tawar menawar.

immanuel88
08-24-2012, 03:53 PM
pengalaman ane ya beli luckyness 45ribu. soalnya dapet referensi luckynes yang paling kecil di gading dulu 60rb. pas nawar2 dapet 45ribu di sumenep langsung aja beli.
penjualnya toko pertama sebalah kanan masjid.
cuma yah harus pake seni transaksi di pasar yah.. tawar menawar.
itu yg seri brp? 301 apa yg 501?

immanuel88
08-24-2012, 03:58 PM
itumah yang punya bro bukan karyawannya hahaha

@immanuel jgn tanya harga2 dll disini bro, kalo gua bilang gak ada yg recommended kalo mau yang recommended ke makaliwe noh
makaliwe diseblah mana ya?

dhane
08-24-2012, 04:10 PM
gw lagi nyari tabung,regulator,dan batu2an.gw nanya ke salah satu member di forum ini,dia sarankan katanya "coba ke sumenep di toko pak ***** (salah satu sponsor IAS).sampai sumenep,gw mampir ke teman gw yg jualan tools aquarium.berhubung teman gw itu gak jual barang2 yg gw cari,gw nanya ke dia "kalo tokonya pak *****(salah satu sponsor IAS) dmna ya? teman gw jawab " tuh depan bapak yg pake kaos merah,masuk aja ke kiri".sampai di depan toko itu,gw liat ada kyk poster bertuliskan "salah satu sponsor di forum ini, gw nanya " ada regulator gak?
jwb yg jual " ada,tuh liat aja"
gw nanya " batu lava ada gak?
yg jual : DIAM aja
gw nanya " batu yg di depan brapa ya /kg?
yg jual : DIAM aja
Gw nanya lagi " kalo regulator ini sama tabung yg ini (sambil gw tunjukin tabungnya) brapa ya?
yg jual : DIAM aja malah sambil nyapu daun2 di depan tokonya....
krn kesel,bete gak di hargai,gw langsung keluar,lewatin yg jualan yg lagi nyapu,
oya sebelum gw keluar gw nanya yg terakhir " ini toko salah satu sponsor di forum IAS ya?"

jawab penjualnya " BUKAN"

gw jadi bingung,bukan sponsor kok nama tokonya ada di atas Forum ini ya?
yg bikin bete lagi gaya penjualnya,kayaknya gw sebagai pembeli kok gak di hargai,apa krn gw cuma pake celana pendek dan sandal jepit ya makanya di cuekin?:p
whateverlah...cuma kalo gak mau di tanya2in jangan jualan....!!!!!:tabok:

Kalo nanya batu yg ada di tank aja om, kalo masi di cuekin, angkat aja batu nya yg ada di tank.. Wakakakakk.. :))

Sent from my GT-P1000 using Tapatalk

Joe
08-24-2012, 11:12 PM
Kalo nanya batu yg ada di tank aja om, kalo masi di cuekin, angkat aja batu nya yg ada di tank.. Wakakakakk.. :))

Sent from my GT-P1000 using Tapatalk

kalo batu mah gak seberapa harganya,yg buat eike=p~ tuh justru Chiler yg di pasang di tanknya :money:

gakjago
08-25-2012, 02:40 AM
iya nih disini penjualnya banyak yang cuek bebek dan mahal2,, tapi ada yang dibagian belakang, yang akuariumnya gede2 jualnya harga wajar menurut ane, amano shirimp 80ribu dapet 10, amazon soil juga 290ribu semuanya tanpa ditawar, orangnya juga ramah lagi...

mixone19
08-25-2012, 09:39 AM
itu yg seri brp? 301 apa yg 501?
seri yang 501 om. pada saat itu di kasi tau harga dr anak gading sekitar 60 rb begitu nawar dapat cm 45 ya udah beli aja lah. drpd cape nyari2 lagi. kalo skrg ternyata lebih murah ya anggap itu pembelajaran. tp waktu itu sudah clingak clingkuk k bbrp toko ya 45rb worth it la :)

ocinamaoda
08-25-2012, 12:07 PM
iya nih disini penjualnya banyak yang cuek bebek dan mahal2,, tapi ada yang dibagian belakang, yang akuariumnya gede2 jualnya harga wajar menurut ane, amano shirimp 80ribu dapet 10, amazon soil juga 290ribu semuanya tanpa ditawar, orangnya juga ramah lagi...
anyway bro, ini kena tipu juga :p biasa dia jual amano 65rb 10 ekor hihiihhii

gakjago
08-25-2012, 02:26 PM
anyway bro, ini kena tipu juga :p biasa dia jual amano 65rb 10 ekor hihiihhii

huaaa,,,,ada yang lebih murah lagi ya/ditempat yang sama? ane patokannya liat FJB atau yang jual disini, kalo harga udah dibawah pasaran ane nggak tawar lagi karena harganya udah wajar menurut ane

Sebastian
03-29-2013, 11:41 PM
ane pernah nyari ceramic diffuser merk ISTA di sumenep...
ketemu ginian gw tanya harganya berapa..
18136

dia jawab 80 rebu....
gak pake bacot gw langsung cabut.. karena harga pasaran cuma 50rebu..
kapok nyari equipment di sumenep..

belum lagi tank nisso 60 cm bending harganya di sumenep 350rebu paling murah 310 rebu, padahal di kartini cuma 220 rebu sama persis barangnya..

yumewhiz
03-30-2013, 11:33 AM
Yang pasti...orang2 yg berdagang di sana memang taktik dagang nya berbeda2. Ga semuanya seperti besok naik haji.

tetapi cuman sekedar sharing, karena sebagian mereka tau saya dari forum ini jadi setiap datang ke sana mendapatkan reaksi mimik " yaahhh koq dia yg dateng" LoL

jimmy
03-30-2013, 11:47 AM
Saya sendiri si sudah sering muter2 di jakarta dan kayanya di makaliwe lebih murah yah.

bohica
03-30-2013, 12:22 PM
IMO kalo mau belanja di sumenep yang penting tau harga pasaran. Disana buka harganya emang mahal2, tawar afgan aja ampe harga pasaran, biasanya kalo nawarnya masih wajar (harga pasaran) sih dikasi.

roe
03-30-2013, 12:39 PM
Halah, ane baru baca aja udah ketipu. Tak kirain kota sumenep yang ada di pulau Madura,jawa timur. Eh,tnyata setelah baca komen2,baru tau klo sumenep nama daerah Jakarta.
Untung ane g langsung tancap gas ke Madura :D

fiirman
03-30-2013, 01:55 PM
Halah, ane baru baca aja udah ketipu. Tak kirain kota sumenep yang ada di pulau Madura,jawa timur. Eh,tnyata setelah baca komen2,baru tau klo sumenep nama daerah Jakarta.
Untung ane g langsung tancap gas ke Madura :D
hahaha dibaca baca ini yg paling lucu dan menarik
:)

DeGembel
04-07-2013, 03:05 PM
gw kesana jarang dapet mahal...krn masih wajar, kadang TB (tetrabits ambil sm si buyung/candra) dibawah dr tukang ikan deket rmh, ke makaliwe lbh murah 5rb lg, tp ongkos bensin dan capeknya kesana ga nutup...mending ke sumenep...
beli tanaman sma jaka, ilham masih oke...tp ke yg di "ujung" males...suka sedikit sakit ksh harga...beli udang sm ocid jg murah...intinya sh akrab-in aja...nnt dikasih harga murah sendiri...

no name
04-07-2013, 03:09 PM
gw kesana jarang dapet mahal...krn masih wajar, kadang TB (tetrabits ambil sm si buyung/candra) dibawah dr tukang ikan deket rmh, ke makaliwe lbh murah 5rb lg, tp ongkos bensin dan capeknya kesana ga nutup...mending ke sumenep...
beli tanaman sma jaka, ilham masih oke...tp ke yg di "ujung" males...suka sedikit sakit ksh harga...beli udang sm ocid jg murah...intinya sh akrab-in aja...nnt dikasih harga murah sendiri...

besok2 klo mw ksumenep kabarin yak kris :D

amosgp
04-08-2013, 01:32 AM
Sumenep pasaran sih bro.. Red Bee low grade d sana mulai harga 10 ribu tapi besar2.. (blm coba tawar2an sih)
higrass pendek 25 rbuan jg. moss yang agak mahal.. lupa pastinya yang pasti murahan d kartini.. hehehe.. hemphh
tapi OVERALL disana mahal sih.. >.<

amosgp
04-08-2013, 01:34 AM
gw kecewa pas gw liat tetrabits yang medium di kartini cman 45 disana 75.. beli 2 dapet 3 d kartini >.<

qirk
05-03-2013, 06:35 PM
hair grass ditawarin 35rb,
trus ke toko lain dapet 25rb, yg layanin anak muda

besoknya gw mo beli hairgrass lagi di toko yg sama, ketemu orang tua, kayaknya bapaknya anak muda itu.
hair grass dikasih 15rb. si anak yang ngemas hairgrass bwt gw lgsg pasang tampang bete.

pertama kali ke sumenep dulu beli neon tetra 10e, 30rebu hohoho sial

riooke69
05-03-2013, 10:13 PM
Di sumenep gw dulu awal2 main aquascape juga kena tepu...parah lah pokoknya nawarin harganya..sekarang kalo kesana gw cuma maenan koi sama anak gw...hahahaha...

kalo harga sedeng gw iseng tanya waterdog bulan lalu disana, eh dia nawarin harga 1 pohon 60 ribu..busyet dah gw aja beli di langganan gw di ragunan paling mahal dan udah mantap itu juga cuma 10rebu.

tapi kalo belanja sih gw rekomended di ragunan atau kalo lagi mau belanja agak banyakan ke parung biar dapat lebih murah lagi...tapi kalo ke parung biasanya gw bareng2 jadi kalo beli ikan paketan bisa patungan tar tinggal bagi karena kan beli untuk dipajang belum niat untuk dijual..

sagitarius
05-04-2013, 07:33 AM
Harus jeli" ngecek harganya. Wkwkwkwkwkwkwk

immanuel88
05-04-2013, 05:06 PM
Di sumenep gw dulu awal2 main aquascape juga kena tepu...parah lah pokoknya nawarin harganya..sekarang kalo kesana gw cuma maenan koi sama anak gw...hahahaha...

kalo harga sedeng gw iseng tanya waterdog bulan lalu disana, eh dia nawarin harga 1 pohon 60 ribu..busyet dah gw aja beli di langganan gw di ragunan paling mahal dan udah mantap itu juga cuma 10rebu.

tapi kalo belanja sih gw rekomended di ragunan atau kalo lagi mau belanja agak banyakan ke parung biar dapat lebih murah lagi...tapi kalo ke parung biasanya gw bareng2 jadi kalo beli ikan paketan bisa patungan tar tinggal bagi karena kan beli untuk dipajang belum niat untuk dijual..

diparung dmn'a om?
pernah denger tp gatau tempatnya

riooke69
05-04-2013, 05:33 PM
parung di parung dkt polsek..kalo mw ksana kta pm2an ajah,bareng biar bsa patungan aja dan dibagi,krn disana tdak jual satuan

standzz
05-07-2013, 07:32 AM
Haloo agan semuaa...Mau share aja pengalaman ke sumenep..

Kemaren sempet mampir ke sumenep siangan, abis dari ADA di pondok indah mall trus cabut langsung ke sumenep karena lagi boring ga ada kerjaan..Kesan pertama rapih yaa,jauh lbh tertata daripada kartini,buat rekreasi keluarga juga enakk, tempatnya adem karena berada di perumahan..

Ane cuma liat" ajaa soalnya baru pertama ke sini..Lengkap dari ikan air laut dan tawar hingga tanaman aquascape..Coba tanya harga emng payah harganyaa..termometer di tempel pake label tulisnya 35rb,pdhal harga pasaran 10rban haha...Saran kalo mau ke sumenep,tawar 1/3 harga yang ditawarkan..Anggap aja kita udah tau harga, kalo pedagangnya ngomel" yaaa kaburr..hahaha...Untuk yang belanja substate disini gw bilang pusatnyaa, karena dikartini tidak ada yang jual dengan kuantitas yang banyak, paling eceran dalam jumlah kecil dan harganya pun mahal...

Jadi kesimpulan saya, kalo mau beli ikan dan taneman harus nawar gila"ann...Substrate disini pusatnyaa...Mungkin harganya diketok mahal karena tempatnya enak dan nyaman jadi istilahnya timbal balik ajaa kita bayar suasananyaa hahaa...

nomuken
05-07-2013, 12:52 PM
belakang rumah gw ini... :p

tanya2 ada 1 kios yg sebelah mesjid agak kedalam kyknya fokus ke aquascape tanya2 harga ada ADA amazonia 9L gw tanya 300rb sama pupuk dasar JBL 150rb....

pupuk cair standar jg harganya paling2 beda 5000 doang macam makro ma mikro wondergro jual sepaket 110rb :) :)

SuperWen
05-07-2013, 02:30 PM
belakang rumah gw ini... :p

tanya2 ada 1 kios yg sebelah mesjid agak kedalam kyknya fokus ke aquascape tanya2 harga ada ADA amazonia 9L gw tanya 300rb sama pupuk dasar JBL 150rb....

pupuk cair standar jg harganya paling2 beda 5000 doang macam makro ma mikro wondergro jual sepaket 110rb :) :)

yang disebelah kanannya masjid yah? iya itu kios nya bang Jaka, kalo ke sumenep gw belanja tools disana mulu.
soalnya harganya yang paling masuk akal dan ga nipu pembeli yg kebanyakan ga tau harga

Kosmas
06-13-2013, 09:40 PM
Harganya banyak yg ngetok kalo kita gak tau harga, trik saya dulu...setiap belanja di tempat baru, saya beli barangnya yg murah dan sedikit, yg penting asal belanja...sambil tanya2 deh harga2 lain yg lebih mahal dan sinting2 dia kasih harganya, tapi saya sekalian langsung tanya namanya dan kenalan, besok2 saya sok kenal aja...langsung harganya berubah drastis...hahahaha

Kalo belanja perlengkapan standar saya ada langganan, namanya Cecep di Sumenep, harganya masih wajar menurut saya, apalagi kalo udah kenal suka dapet diskon...dia kakak-adik jualan perlengkapan di sana...adiknya jualan di sebelah mesjid, si cecepnya sanaan lagi, tepatnya di depan tukang tanaman hias dan di sebelah gang...orangnya agak2 botak :)

mozart
07-16-2013, 10:12 AM
mau nanya om, ikan sepat dikasih harga 3500 per ekor wajar ngak yah om ?
naksis sepat yang teralis kata abang yang jual sih itu namanya :confused: