PDA

View Full Version : Bahaya Debu Silika



scaper depok
10-28-2010, 01:44 PM
Permisi rekan-rekan IAS,
Kembali lagi hanya sekedar share, dari awal maen aquascape kq sering denger-denger kata silica...kebetulan gw kerja di bagian keselamatan dan kesehatan kerja, mudah2an artikel dibawah ini membantu.

Mungkin hal ini sudah pernah dibahas di forum, tapi tidak ada salahnya lagi untuk mengigatkan rekan-rekan yang menggunakan silica demi kesehatan kita semua :cool:

Pasir silika sering digunakan para scaper untuk menghias tanknya agar tampak lebih cantik...dan biasanya pasir tersebut harus dicuci dulu kan supaya tidak membuat keruh air didalam tank.

Nah catatan yang paling penting dari penggunaan pasir silica ini biasanya pada saat dituang kedalam media pencucian (ember, baskom, piring, kolam renang, he2...ngelantur) pasti ada beberapa dari debu silica tersebut yang terbang ke udara bebas (O2)

Jika kita tidak hati-hati, atau mungkin tidak tahu maka debu tersebut dapat terhirup dan masuk kedalam paru-paru...nah dalam jangka waktu tertentu debu tersebut akan mengakibatkan suatu penyakit yang disebut Silicosis.

Untuk antisipasi terhadap debu berbahaya ini mungkin rekan-rekan perlu memperhatikan penggunaan masker atau lebih simplenya sapu tangan yang dibasahi terlebih dahulu dapat digunakan sebagai pengganti masker, sapu tangan atau kain yang dibasahi lebih efektif dikarenakan dapat menahan partikel debu ukuran kecil. Klo cuma tahan nafas aja ...ya bisa sih, tapi klo silica yang mau dicuci atau dipindahin banyak bisa modar dong kehabisan nafas

Berikut kupasannya mengenai bahaya debu silica :

Pada saat orang menarik nafas, udara yang mengandung partikel akan terhirup ke dalam paru-paru. Ukuran partikel (debu) yang masuk ke dalam paru-paru akan menentukan letak penempelan atau pengendapan partikel tersebut. Partikel yang berukuran kurang dari 5 mikron akan tertahan di saluran nafas bagian atas, sedangkan partikel berukuran 3 sampai 5 mikron akan tertahan pada saluran pernapasan bagian tengah. Partikel yang berukuran lebih kecil, 1 sampai 3 mikron, akan masuk ke dalam kantung udara paru-paru, menempel pada alveoli. Partikel yang lebih kecil lagi, kurang dari 1 mikron, akan ikut keluar saat nafas dihembuskan.

Pneumoconiosis adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh adanya partikel (debu) yang masuk atau mengendap di dalam paru-paru. Penyakit pnemokoniosis banyak jenisnya, tergantung dari jenis partikel (debu) yang masuk atau terhisap ke dalam paru-paru. Beberapa jenis penyakit pneumoconiosis yang banyak dijumpai di daerah yang memiliki banyak kegiatan industri dan teknologi, yaitu Silikosis, Asbestosis, Bisinosis, Antrakosis dan Beriliosis.

Penyakit yang disebabkan Debu Silica adalah :

Penyakit Silikosis

Penyakit Silikosis disebabkan oleh pencemaran debu silika bebas, berupa SiO2, yang terhisap masuk ke dalam paru-paru dan kemudian mengendap. Debu silika bebas ini banyak terdapat di pabrik besi dan baja, keramik, pengecoran beton, bengkel yang mengerjakan besi (mengikir, menggerinda, dll). Selain dari itu, debu silika juka banyak terdapat di tempat di tempat penampang bijih besi, timah putih dan tambang batubara. Pemakaian batubara sebagai bahan bakar juga banyak menghasilkan debu silika bebas SiO
Pada saat dibakar, debu silika akan keluar dan terdispersi ke udara bersama sama dengan partikel lainnya, seperti debu alumina, oksida besi dan karbon dalam bentuk abu.

Debu silika yang masuk ke dalam paru-paru akan mengalami masa inkubasi sekitar 2 sampai 4 tahun. Masa inkubasi ini akan lebih pendek, atau gejala penyakit silicosis akan segera tampak, apabila konsentrasi silika di udara cukup tinggi dan terhisap ke paru-paru dalam jumlah banyak. Penyakit silicosis ditandai dengan sesak nafas yang disertai batuk-batuk. Batuk ii seringkali tidak disertai dengan dahak. Pada silicosis tingkah sedang, gejala sesak nafas yang disertai terlihat dan pada pemeriksaan fototoraks kelainan paru-parunya mudah sekali diamati. Bila penyakit silicosis sudah berat maka sesak nafas akan semakin parah dan kemudian diikuti dengan hipertropi jantung sebelah kanan yang akan mengakibatkan kegagalan kerja jantung.

Tempat kerja yang potensial untuk tercemari oleh debu silika perlu mendapatkan pengawasan keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan yang ketat sebab penyakit silicosis ini belum ada obatnya yang tepat. Tindakan preventif lebih penting dan berarti dibandingkan dengan tindakan pengobatannya. Penyakit silicosis akan lebih buruk kalau penderita sebelumnya juga sudah menderita penyakit TBC paru-paru, bronchitis, astma broonchiale dan penyakit saluran pernapasan lainnya.

Semoga berguna..:">

SuperWen
10-28-2010, 01:51 PM
debu silika yang ukuran ber-micron2 bentuknya sangat irregular dan angular, jika terhisap dalam kuantitas yang banyak bisa bikin penyakit yang namanya silicosis, luka tenggorokan, parahnya lagi paru2.
dulu gw jaman mahasiswa setahun projekan di lab permodelan geologi menggunakan silika halus ukuran mesh 80, pernah batuk darah bro walo udah pake masker yang kayak masker nya anak2 bomber

begini nih macro nya debu silika:
http://www.cdc.gov/niosh/docs/97-118/images/!microsc.gif
source (http://www.cdc.gov/niosh/docs/97-118/)

scaper depok
10-28-2010, 01:56 PM
debu silika yang ukuran ber-micron2 bentuknya sangat irregular dan angular, jika terhisap dalam kuantitas yang banyak bisa bikin penyakit yang namanya silicosis, luka tenggorokan, parahnya lagi paru2.
dulu gw jaman mahasiswa setahun projekan di lab permodelan geologi menggunakan silika halus ukuran mesh 80, pernah batuk darah bro walo udah pake masker yang kayak masker nya anak2 bomber

begini nih macro nya debu silika:
http://www.cdc.gov/niosh/docs/97-118/images/!microsc.gif
source (http://www.cdc.gov/niosh/docs/97-118/)

Iya bro...di tempat kerja gw udh ada 3 orang yang sudah di vonis kena silicosis...karena gw kerja di area tambang. memang mayoritas open pit tapi ada beberapa yang underground.

Kadang sudah di proteksi dengan menggunakan Alat pelindung Diri seperti masker yang bisa menyaring partikel micro sampe 0, pun masih ada kemungkinan terpapar.

Pernah belajar sebaiknya untuk lokasi yang resiko tinggi penggunaan double masker (kain/sarung tangan yang basah) dapat mengurangi pemaparan tersebut.

famora
10-28-2010, 01:57 PM
ternyata oh ternyata, menyeramkan.... http://www.laymark.com/i/o/30.gif (http://www.laymark.com)

Guns_recht
10-28-2010, 01:59 PM
http://www.laymark.com/i/m/m162.gif (http://www.laymark.com) http://www.laymark.com/i/m/m162.gif (http://www.laymark.com) http://www.laymark.com/i/m/m162.gif (http://www.laymark.com)

jadi serem...

scaper depok
10-28-2010, 02:00 PM
[Pernah belajar sebaiknya untuk lokasi yang resiko tinggi penggunaan double masker (kain/sarung tangan yang basah) dapat mengurangi pemaparan tersebut.[/QUOTE]

Sori maksudnya sapu tangan...kenapa gw tulis sarung tangan

tanggothea
10-28-2010, 02:06 PM
emang bahaya tuh pake pasir silica. mending pake pasir malang ajah yang gede murmer

SuperWen
10-28-2010, 02:17 PM
Iya bro...di tempat kerja gw udh ada 3 orang yang sudah di vonis kena silicosis...karena gw kerja di area tambang. memang mayoritas open pit tapi ada beberapa yang underground.
.

ANTAM yak? :D

scaper depok
10-28-2010, 02:33 PM
emang bahaya tuh pake pasir silica. mending pake pasir malang ajah yang gede murmer

Sebenernya sih boleh2 aja sob masih menggunakan pasir silica, apalagi klo membuat setup tambah bagus...misalnya efek sungai, dll. Tapi yang penting asal kita tau aja bahaya dan cara pencegahannya.


ANTAM yak? :D

Wakakakak....nga boleh nyebut instansi bro

FiestaJbi
10-28-2010, 03:07 PM
debu silika yang ukuran ber-micron2 bentuknya sangat irregular dan angular, jika terhisap dalam kuantitas yang banyak bisa bikin penyakit yang namanya silicosis, luka tenggorokan, parahnya lagi paru2.
dulu gw jaman mahasiswa setahun projekan di lab permodelan geologi menggunakan silika halus ukuran mesh 80, pernah batuk darah bro walo udah pake masker yang kayak masker nya anak2 bomber



gile ampe batuk darah om...terus skrang gimana..?

kantor gw skarang lagi renovasi besar2an...separuh bangunan dirubuhin...jadi serem....

junfan
10-28-2010, 03:32 PM
klo beli silica,,langsung rendem aja di ember,,
aga lama,, copot plastik nya,, bersiin dah,,,

dijamin ilang debunya ,, hehehehe

derwin
10-28-2010, 03:50 PM
Pk soil aj.aman khan?

rudipurwadi
10-28-2010, 04:32 PM
klo ga soil pk batu sungai yg kecil2 aja uk <5 mm

henz_superblitzkreig
10-28-2010, 10:28 PM
hiii seyem jug yah gan

aquaplus
10-28-2010, 10:37 PM
jadi gimana cara yang betul cuci silika???

N74
11-05-2010, 10:48 PM
Baru tau bahaya debu silika cukup tinggi..